MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAUD TPQ Al-I’TIKAF TAMBAKAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

JULIANTO, NIM. 102338055 (2016) MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAUD TPQ Al-I’TIKAF TAMBAKAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (998kB) | Preview
[img] Text
JULIANTO_MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PAUD TPQ Al-I’TIKAF TAMBAKAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan dikatakan berhasil apabila menunjukkan adanya penyelenggaraan pengajaran yang efektif dan efisien melibatkan semua komponen-komponen pembelajaran yang menyangkut tujuan pengajaran. Karena kemajuan teknologi pada saat sekarang, tidaklah pada tempatnya lagi kalau menyampaikan pesan-pesan pendidikan masih dilakukan secara verbalitas atau dengan kata-kata belaka. Karena itulah guru berkewajiban untuk menggunakan semua alat/media yang ada untuk membuat pembelajaran di sekolah menjadi efektif. Apalagi materi Pendidikan Agama Islam yang sarat dengan nilai-nilai bagi pembentukan pribadi muslim. Salah satu usaha untuk mengatasi keadaan demikian ialah penggunaan media pembelajaran secara terintegrasi dalam proses pembelajaran baik yang disampaikan di sekolah-sekolah formil maupun di pendidikan non formil (TPA). Dalam skripsi ini akan diteliti mengenai media-media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran PAI di TPQ Al-I’tikaf Tambakan Kecamatan Ajibarang dan bagaimana penggunaannya. Penulis memilih lokasi ini dengan alasan bahwa berdasarkan pengamatan, TPQ ini terletak di tingkat Grumbul, yang memiliki jumlah siswa yang banyak serta memiliki prestasi yang gemilang pula. Subjek penelitian adalah Direktur, Ustadz, Ustadzah, santriwan dan santriwati PAUD TPQ Al-I’tikaf Tambakan sebagai narasumber dalam pengumpulan data-data pada Skripsi ini. Metode yang digunakan dalam pengambilan data ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan metode analisa data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran PAI di PAUD TPQ Al-I’tikaf Tambakan sudah menggunakan beberapa media, antara lain media cetak, media gambar, media patung, dan media audiovisual yang sudah digunakan sebagaimana mestinya. Dalam menggunakan media melalui beberapa proses antara lain : persiapan yaitu, proses pemilihan media yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran dan kondisi santri. Penggunaan media pembelajaran dan evaluasi, yang bertujuan untuk mengetahui media yang digunakan tepat guna atau tidak. Penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TPA disesuaikan dengan kelas masing-masing oleh tiap-tiap wali kelas. Ada beberapa faktor yang mendukung penggunaan media pembelajaran antara lain : antusiasme santri, lingkungan yang kondusif, dorongan dan motivasi guru, dan adanya hubungan yang baik antara Ustadz/Ustadzah dengan santri. Sedangkan faktor yang menghambat penggunaan media pembelajaran antara lain : keterbatasan kreativitas Ustadz/Ustadzah dalam membuat media pembelajaran, keterbatasan dana dalam membuat media pembelajaran dan lingkungan fisik dan sosial. Kata kunci : media pembelajaran di PAUD TPQ Al-I’tikaf Tambakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:14
Last Modified: 22 Jun 2016 06:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item