Nifa, Adilla (2025) PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET INTERNET AKRAB XL AXIATA (STUDI PADA MAHASISWA UNSOED, UMP, DAN UIN SAIZU). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Nifa Adilla_Pengaruh Harga, Brand Image, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Paket Internet Akrab XL Axiata (Studi Pada Mahasiswa UNSOED, UMP, dan UIN SAIZU).pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Keputusan pembelian merupakan proses kompleks yang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal konsumen. Mahasiswa merupakan salah satu golongan konsumen yang pandai menganalisis dan mempertimbangkan banyak hal dalam melakukan kegiatan konsumsi. Salah satunya dalam memilih produk kebutuhan internet. Hal ini menjadikan perusahaan provider telekomunikasi berlomba-lomba menawarkan berbagai produk layanan internet sesuai dengan kebutuhan. Harga, brand image, dan electronic word of mouth merupakan faktor-faktor penting yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, brand image, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian Paket Internet Akrab XL Axiata pada mahasiswa UNSOED, UMP, dan UIN SAIZU. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Responden penelitian ini melibatkan mahasiswa UNSOED, UMP, dan UIN SAIZU sebanyak 400. Penentuan populasi dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik cluster sampling sesuai kriteria yang telah ditentukan. Data dikumpulkan melalui data kuesioner dan dianalisis melalui analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian Paket Internet Akrab XL Axiata pada mahasiswa UNSOED, UMP, dan UIN SAIZU. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 58%, sedangkan sisanya 42% dipengaruhi variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Brand Image, Electronic Word of Mouth, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 550 Earth sciences > 553 Economic geology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | NIFA ADILLA |
Date Deposited: | 30 Jun 2025 04:32 |
Last Modified: | 30 Jun 2025 04:32 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |