Ulinida, Atunnisa (2025) PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, LIFESTYLE DAN KELENGKAPAN FITUR TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BANK DIGITAL “SEABANK “ (STUDI KASUS GENERASI Z DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Ulinida Atunnisa_Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Lifestyle dan Kelengkapan Fitur Terhadap Minat Menggunakan Bank Digital SeaBank (Studi Kasus Generasi Z di Kabupaten Banyumas).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam industri perbankan, ditandai dengan munculnya berbagai layanan bank digital yang menawarkan kemudahan transaksi tanpa perlu mengunjungi kantor fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap minat Generasi Z di Kabupaten Banyumas dalam menggunakan layanan Seabank. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar menggunakan Google form, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, thesis, dan situs web. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode analisis regresi linear berganda, dengan bantuan perangkat lunak SPSS (Stastical product and service solution) versi 22. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel persepsi kemudahan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menggunakan bank digital “SeaBank”. Persepsi kemanfaatan, lifestyle dan kelengkapan fitur berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan bank digital “SeaBank”. Sementara itu, persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, lifestyle, dan kelengkapan fitur berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap minat menggunakan bank digital “SeaBank” yang dibuktikan dengan nilai Fhitung > F tabel sebesar (443,060 > 2,395 dan nilai signifikansinya sebesar 0,00 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) adalah (81,8%) yang artinya (81,8%) variasi pada minat menggunakan bank digital “SeaBank” dipengaruhi oleh 4 variabel bebas, yaitu persepsi kemanfaatan (X1), persepsi kemudahan penggunaan(X2), lifestyle (X3), dan kelengkapan fitur (X4). Kata Kunci : Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Lifestyle, Dan Kelengkapan Fitur, Minat Menggunakan, Seabank
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Lifestyle, dan Kelengkapan Fitur, Minat Menggunakan, SeaBank |
Subjects: | 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ulinida Atunnisa |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 01:33 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 01:33 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/31195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |