UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN BAHAN AJAR PADA KELAS I DI MIN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Ani Octarina, 1323305019 (2017) UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN BAHAN AJAR PADA KELAS I DI MIN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANNI OCTARINA_UPAYA GURU DALAM PEMANFAATAN BAHAN AJAR PADA KELAS I DI MIN PURWOKERTO TIMUR KABUPA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab, V Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pemanfaatan bahan ajar pada kelas I di MIN Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek utama penelitian ini yaitu guru kelas I MIN Purwokerto. Kemudian, Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi untuk mengumpulkan informasi tentang upaya guru dalam memanfaatkan bahan ajar. Selain dengan observasi, peneliti juga melakukan wawancara terhadap guru kelas I MIN Purwokerto untuk mengumpulkan informasi dan dokumentasi tentang upaya guru dalam memanfaatkan bahan ajar pada kelas I. Selanjutnya, data di analisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memanfatkan bahan ajar dalam setiap pembelajaran dalam upaya nya guru memanfaatkan bahan ajar dengan merangkum kembali materi-materi pembelajaran dari referensi lain, yaitu dari buku cetak, LKS dan buku pegangan guru, dikarenakan materi pelajaran pada kurikulum 2013 sangat singkat, sehingga guru mengembangkan materi tersebut dengan mengambil materi-materi dari referensi lainnya. Diantaranya yang dilakukan guru dalam memanfaatkan bahan ajar diantaranya menentukkan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran seperti bahan ajar cetak meliputi lks, modul dan handout, bahan ajar audio visual meliputi narasumber dan film dan bahan ajar interaktif. Ketiga bahan ajar tersebut memiliki prinsip diantaranya yaitu prinsip kesesuaian, kemudahan dan kecukupan selanjutnya bahan ajar tersebut diterapkan sesuai dengan materi yang disampaikan dari guru kepada siswa dalam pembelajaran disesuaikan dengan proses berlangsungnya belajar mengajar didalam kelas, dengan menerapkan penggunaan bahan ajar sebagai materi pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa di dalam proses pemanfaatan bahan ajar (materi pembelajaran) guru memanfaatkan bahan ajar untuk melaksanakan penyampaian materi pelajaran, karena materi akan disampaikan secara sistematis sehingga mampu memudahkan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran dan mampu mendapatkan feedback antara pendidik dengan peserta didik, dengan demikian hasil belajar yang diperoleh mampu diperoleh secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, Pemanfaatan bahan ajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 08 Sep 2017 03:04
Last Modified: 08 Sep 2017 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item