Pareedah Sareh, 1523303002 (2017) MANAJEMEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PAI KELAS VDI SD ISLAM AL-AZHAR 39 PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (743kB) | Preview |
|
Text
PAREEDAH SAREH_MANAJEMEN KURIKULUM MATA PELAJARAN PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari penerapan beberapa macam kurikulum yang dipadukan menjadi satu manajemen dalam satu yayasan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana Proses Manajemen Kurikulum Mata Pelajaran PAI kelas V di SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Proses Manajemen Kurikulum Mata Pelajaran PAI kelas V di SD Islam Al-Azhar 39 Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI,dan siswa kelas V, sedangkan objek penelitian adalah mamajemen kurikulum mata pelajaran PAI kelas V.Yang meliputi metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Dengan menggunakan modelberfikir induktif dan model berfikir deduktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses manajemen kurikulum untuk mata pelajaran PAI di kelas V yaitu melalui tahap perencanaan,pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum. Perencanaan dilakukan di awal tahun ajaran baru untuk merencanakan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan. Dalam tahap perencanaan kurikulum guru menyusun Prota, promes, kalender pendidikan, jadwal pelajaran membagi tugas. Pada tahap pengorganisasian kurikulum dilaksanakan oleh kepala sekolah sebagai pihak penentupenetapan kurikulum yang akan dilaksanakan di SD Islam Al-Azhar. Pada tahap ini kepala sekolah membagi tugas guru untuk membuat RPP, membuat media, menetapkan strategi dan membuat evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dalam satu tahun pelajaran untuk tingkat SD, pada tahap ini guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusun pada tahap pengorganisasian. Dan evaluasi kurikulum biasanya dilakukan setiap awal tahun ajaran baru sebagai acuan penerapan kurikulum yang akan digunakan pada tahun berikutnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum, manajemen kurikulum, curriculum, PAI |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 04:05 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 04:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2893 |
Actions (login required)
View Item |