Nur, Hikam (2024) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MI Al Fatah Purwodadi. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifudin Zuhri.
|
Text
Nur Hikam - Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Pembelajaran kurikulum Merdeka di MI Al Fatah Purwodadi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan program pendidikan melalui proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satu di antaranya adalah sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, disertai pemanfaatan dan pengelolaan secara optimal. Sarana dan prasarana yang menunjang seharusnya akan mengantarkan kepada prestasi siswa. Akan tetapi banyaknya sarana dan prasarana yang tersedia tidak akan berpengaruh kepada prestasi siswa jika pengelolaannya buruk. Implementasi kurikulum merdeka termasuk mencakup kegiatan manajemen pendidikan. MI Al Fatah Purwodadi merupakan madrasah dengan sarana dan prasarana yang memerlukan tambahan sarana dan prasarana yang lebih memadai. Dengan terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, Mi Al Fatah Purwodadi dapat melaksanakan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam meningkatkan pembelajaran kurikulum merdeka di MI Al Fatah Purwodadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun subyek penelitian adalah kepala sekolah, bendahara, guru kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan manajemen sarana dan prasarana di MI Al Fatah Purwodadi telah dilaksanakan dengan baik sehingga proses pembelajaran kurikulum merdeka dapat dilakukan. MI Al Fatah Purwodadi telah melaksanakan kegiatan dalam perencanaan, pengadaan, pengaturan, penyimpanan dan penggunaan sarana dan prasarana sesuai dengan teori manajemen. Beberapa kekurangan yang belum dilaksanakan di antaranya adalah belum adanya kegiatan inventarisasi barang. Hal ini membuat pengecekan barang kurang optimal. Akan tetapi hal tersebut tidak mengganggu proses pembelajaran secara signifikan karena siswa tetap dapat belajar dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen sarana dan prasarana, kurikulum merdeka |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial 2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Hikam |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:02 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27579 |
Actions (login required)
View Item |