Lidiya, Paradipa (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEAMANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVIS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
LIDIYA PARADIPA_PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, DAN KEAMANAN DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH MENGGUNAKAN APLIKASI PEGADAIAN SYARIAH DIGITAL SERVIS PADA PT. PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR WAGE .pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Aplikasi pegadaian syariah digital servis merupakan aplikasi yang luncurkan oleh PT. Pegadaian Syariah untuk memastikan nasabah mendapatkan pelayanan yang sebanding dengan yang ditawarkan di outlet pegadaian. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital servis yaitu kualitas pelayanan, kemudahan penggunaan dan keamanan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengkaji seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kemudahan penggunaan dan keamanan terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital servis pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Wage Purwokerto baik secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan membagikan kuesioner kepada nasabah PT.Pegadaian Syariah sejumlah 366 responden, dengan teknik Non-Probability Sampling yakni Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dan uji t, uji f dan uji R2 . Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari kualitas pelayanan terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital servis. Kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital servis. Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital servis. Sedangkan hasil secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, kemudahan penggunaan dan keamanan memiliki pengaruh terhadap minat nasabah menggunakan aplikasi pegadaian syariah digital servis. Pegadaian syariah memperoleh keuntungan sesuai prinsip syariah dengan menganggap biaya penyimpanan dan perawatan sebagai biaya sewa, bukan bunga.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, Keamanan, Minat Nasabah |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Lidiya Paradipa |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 07:20 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:20 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/27165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |