SEJARAH PERKEMBANGAN EKONOMI DAN ARSITEKTUR DINASTI ILKHAN PADA MASA KEPEMIMPINAN SULTAN MAHMUD GHAZAN (1295-1304 M)

Defi, Safitri (2024) SEJARAH PERKEMBANGAN EKONOMI DAN ARSITEKTUR DINASTI ILKHAN PADA MASA KEPEMIMPINAN SULTAN MAHMUD GHAZAN (1295-1304 M). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Defi Safitri_Sejarah Perkembangan Ekonomi dan Arsitektur Dinasti Ilkhan pada Masa Kepemimpinan Sultan Mahmud Ghazan (1295-1304 M).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah dari perkembangan ekonomi dan arsitektur Dinasti Ilkhan selama Sultan Mahmud Ghazan berkuasa. Penelitian ini dipusatkan pada penelitian studi literatur dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Untuk menganalisis perkembangan ekonomi dan arsitektur pada masa kepemimpinan Sultan Mahmud Ghazan, penulis menggunakan teori behavioral Robert F. Berkhofer. Teori tersebut menjelaskan bahwa kepemimpinan itu berfokus pada tindakan seorang pemimpin bukan dari sifat-sifatnya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mampu membuat perubahan bagi bangsanya untuk mencapai kemajuan. Keberhasilan dan kegagalan pemimpin ditentukan oleh tindakan pemimpin dalam hal bagaimana ia membuat konstribusi dan kemajuan negara dalam upaya mewujudkan pembaharuan diberbagai bidang seperti dalam bidang politik, ekonomi, ilmu pengetahuan, seni dan arsitektur. Teori ini memiliki kesamaan dengan kepemimpinan Sultan Mahmud Ghazan dalam mewujudkan pembaharuan di berbagai bidang. Namun peneliti hanya membatasi pada dua bidang saja yaitu bidang ekonomi dan arsitektur. Hasil dari penelitian ini ialah mengetahui ekonomi dan arsitektur pada masa Sultan Mahmud Ghazan berkembang sangat pesat. Ia membuat banyak kebijakan seperti kebijakan ekonomi berupa kebijakan pertanian, fiskal dan moneter yang telah meringankan pajak dan mengangkat kemiskinan rakyat. Selain itu pada masa kepemimpinannya, banyak pula dibangun bangunan-bangunan arsitektur khas ilkhanid yang memiliki banyak fasilitas sehingga menjadikan Dinasti Ilkhan menjadi contoh kota modern saat ini. Masa kepemimpinannya juga dikenal sebagai masa keemasan Dinasti Ilkhan (The Golden Age of Islam Post Baghdad). Namun sayang, tidak banyak peninggalan arsitektur Dinasti Ilkhan yang masih lestari saat ini dikarenakan banyak faktor seperti bencana alam, peperangan atau bahan konstruksinya yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dinasti Ilkhan, Sultan Mahmud Ghazan, Kepemimpinan, Ekonomi, Arsitektur.
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.5 Daulah-daulah lain
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Defi Safitri
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:38
Last Modified: 23 Jul 2024 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item View Item