PENGARUH HABITS OF MINDS DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 KEBASEN

Hauro, Roihana Zahratul (2024) PENGARUH HABITS OF MINDS DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 KEBASEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ROIHANA_ZAHRATUL_HAURO_2017407085.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh habits of minds dan keaktifan belajar terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen yang berjumlah 190 siswa. Sampel dari penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan menggunakan rumus Solvin berjumlah 129 siswa. pengambilan data pada penelitian ini berupa angket habits of minds dan keaktifan belajar serta tes kemampuan pembuktian matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda menggunakan uji statistik t dan uji statistik F. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh habits of minds terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Diperoleh nilai thitung = 11,568 > ttabel = 0,6743 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dan diperoleh persamaan regresi = 60,885 + 0,210X1 2) Terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Diperoleh nilai thitung = 2,861 > ttabel = 0,6743 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dan diperoleh persamaan regresi = 47,575 + 0,306X2 3) Terdapat pengaruh habits of minds dan keaktifan belajar terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Diperoleh nilai Fhitung = 5,185 > Ftabel = 3,07 dan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 serta memiliki persamaan regresi = 58,650 + 0,136X1 + 0,109X2 . Artinya variabel habits of minds dan keaktifan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pembuktian matematis. Sedangkan besar pengaruhnya yaitu sebesar 6,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Habits of Minds Keaktifan Belajar Kemampuan Pembuktian Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Roihana Zahratul Hauro sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:41
Last Modified: 15 Jul 2024 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26145

Actions (login required)

View Item View Item