IMPLEMENTASI STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARANN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS MA'ARIF NU 1 KEMBARAN

Hangganararas, Azizul Hikmah (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARANN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS MA'ARIF NU 1 KEMBARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI STRATEGI EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS MA'ARIF NU 1 KEMBARAN - Salin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sudah sejak lama diajarkan pada lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal di Indonesia. Namun sampai sekarang masih banyak yang menganggap bahwa bahasa Arab merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Hal ini disertai dengan alasan bahwa tidak memiliki latar belakang yang mendukung untuk belajar bahasa Arab baik lulusan, lingkungan hidup maupun motivasi. Salah satu solusinya adalah dengan bagaimana cara guru memilih strategi pembelajaran yang tepat agar tercipta suasana pembelajaran menyenangkan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.Maka peneliti tertarik untuk mengangkat judul “Implementasi Strategi Edutainment Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran” yang mana di madrasah ini mayoritas latar belakang siswa khususnya pada kelas VII kurang mendukung untuk belajar bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses implementasi strategi edutainment dan faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi strategi edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kembaran. Adapun hasil dari penelitian ini terdapat beberapa model implementasi strategi edutainment yang digunakan diantaranya model permainan, nyanyian dan multimedia. Faktor pendukung implementasi strategi edutainment antara lain sumber belajar, motivasi, guru dan sarana. Faktor penghambatnya yakni suasana yang kurang kondusif dan mufrodat asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Edutainment, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HANGGANARA AZIZUL HIKMAH sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:14
Last Modified: 15 Jul 2024 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item