Siska, Apriliyani (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KEJOBONG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Siska Apriliyani_Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 KejobongPurbalingga.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna mendeskripsikan secara menyeluruh mengenai bagaimana implementasi pembelajaran berdifernsiasi dalam pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Kejobong Purbalingga. Perkembangan internet dan teknologi yang kian pesat pada saat ini menjadikan munculnya sebuah inovasi baru yang berkaitan dengan pendidikan. Inovasi yang baru muncul saat ini yaitu tentang adanya kebebasan belajar/merdeka belajar. Kurikulum merdeka merupakan salah satu desain dalam pembelajaran yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk menciptakan suasana belajar yang tenang dan menyenangkan hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk bisa mengembangkan potensi alami yang ada dalam diri peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang mengakomodir, menuntun, dan menghargai keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian, peneliti mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kejobong. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam efektif diterapkan di SMP Negeri 1 Kejobong. Dengan tahap-tahap yang sesuai kurikulum merdeka serta respon siswa dan guru sangat antusias melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi terkhusus dalam Pendidikan Agama Islam. Tahap pembelajaran berdiferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan antara lain tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, serta tahap evaluasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siska Apriliyani |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 04:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:45 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26090 |
Actions (login required)
View Item |