EFEKTIVITAS BUKU FONDASI KELUARGA SAKINAH DALAM MEMBENTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Di Desa Slinga, Kaligondang, Purbalingga)

Fitrah, Nadyah (2024) EFEKTIVITAS BUKU FONDASI KELUARGA SAKINAH DALAM MEMBENTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Di Desa Slinga, Kaligondang, Purbalingga). Skripsi thesis, UIN SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
FITRAH NADYAH_EFEKTIVITAS BUKU FONDASI KELUARGA SAKINAH DALAM MEMBENTUK KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi di Desa Slinga, Kaligondang, Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan unit terkecil yang memiliki peran penting dalam membentuk karekter dan kesejahteraan individu. Dalam membentuk keluarga sejahtera memiliki berbagai tantangan, terutama di Desa Slinga. Tantangan dalam membangun kesejahteraan keluarga di Desa Slinga meliputi dinamika sosial dan ekonomi, masalah yang dihadapi mempengaruhi kesejahteraan keluarga. maka dari itu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan di Desa Slinga sangat penting. Hadirnya buku fondasi keluarga sakinah sebagai salah satu solusi untuk membentuk keluarga yang sejahtera. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok: bagaimana pandangan pasangan keluarga terhadap pengaruh buku fondasi keluarga sakinah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga di Desa Slinga? dan bagaimana efektivitas buku fondasi keluarga sakinah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga di Desa Slinga?. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan penelitian lapangan. Adapun pengambilan dat digunakan dengan wawancara observasi, dan dokumentasi serta dianalaisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan indikator kejehateraan sosial, kesejahteraan fisik, kesejahteraan ekonomi, dan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini menunjukkan dengan adanya buku fondasi keluarga sakinah memberikan dampak yang baik bagi pasangan keluarga. berbagai aspek kesejahteraan keluarga seperti pemahaman komunikasi yang baik dan pemahaman peran masing-masing anggota keluarga. salahsatunya dapat dilihat dari angka perceraian yang menurun setelah adanya buku fondasi keluarga sakinah. Buku ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses berjalannya pernikahan dari pasangan keluarga, sehinggga ini efektif mempengaruhi dalam pelaksanaan penerbitan buku. Kata Kunci: Efektivitas, Buku Fondasi Keluarga Sakinah, kesejahteraan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.32 Nusyuz dan Syiqaq
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Fitrah nadyah sdri
Date Deposited: 12 Jul 2024 04:03
Last Modified: 12 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/25626

Actions (login required)

View Item View Item