PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA, MEDIA SOSIAL WHATSAPP, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU TRADISIONAL (Studi Kasus Jamu Tradisional Bu Eni di Pasar Manis Purwokerto)

Muhammad, Ilham Rusdi (2024) PENGARUH SERTIFIKASI HALAL, HARGA, MEDIA SOSIAL WHATSAPP, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU TRADISIONAL (Studi Kasus Jamu Tradisional Bu Eni di Pasar Manis Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ilham Rusdi_Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga, Media Sosial Whatsapp, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Jamu Tradisional (studi kasus jamu tradisional Bu Eni di Pasar Manis Purwokerto).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jamu tradisional merupakan salah satu jenis minuman tradisional yang dibuat dari berbagai jenis rempah-rempah. Permasalahan dari jamu tradisional yakni tampilan yang sederhana, dimana tanpa tambahan rasa ataupun pewarna sehingga jamu tradisional terlihat kurang menarik. Eksistensi dari jamu tradisional tidak pernah pudar walaupun sudah banyak produk jamu instan. Jamu tradisional Bu Eni merupakan jamu tradisonal yang diproduksi secara rumahan kemudian dijual di Pasar Manis Purwokerto. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah variabel bebas yang terdiri dari sertifikasi halal, harga, media sosial whatsapp, dan kualitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana variabel sertifikasi halal, harga, media sosial whatsapp, dan kualitas berpengaruh terhadap keputusan pembelian jamu tradisional Bu Eni di Pasar Manis Purwokerto baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini terdapat 100 responden yang merupakan pembeli jamu tradisional Bu Eni di Pasar Manis Purwokerto. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner. Data yang sudah terkumpul diolah dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan alat analisis berupa IBM SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sertifikasi halal secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) harga secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (3) media sosial whatsapp secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (4) kualitas produk secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (5) sertifikasi halal, harga, media sosial whatsapp, dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Halal, Harga, Media Sosial Whatsapp, Kualitas, Keputusan Pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Ilham Rusdi sdr
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:04
Last Modified: 14 Jun 2024 07:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24934

Actions (login required)

View Item View Item