PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV A MI MA'ARIF NU KARANGGEDANG 2 KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

ZAMITA, AULIA WARDAH (2024) PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV A MI MA'ARIF NU KARANGGEDANG 2 KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ZAMITA AULIA WARDAH_2017405063_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi dengan peluncuran kurikulum merdeka sejak tahun 2022 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengalami perubahan IPA dan IPS disatukan menjadi IPAS. Permasalahan muncul pada peserta didik yaitu kurangnya pemahaman pada materi yang disampaikan karena pengalaman nyata yang masih kurang. Dengan adanya problematika tersebut, dibutuhkan media yang mendukung yakni menggunakan media lingkungan pada pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan media lingkungan pada pembelajaran IPAS siswa kelas IV A MI Ma’arif NU Karanggedang 2 Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di MI Ma’arif NU Karanggedang 2 Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Subjek penelitian ini kepala madrasah, guru kelas IV A, dan siswa kelas IV A. Media yang digunakan ada tiga media lingkungan yaitu media lingkungan alam berupa pepohonan, tumbuhan dan tanaman. Media lingkungan sosial berupa masyarakat sekitar madrasah, dan lingkungan keluarga. Media lingkungan buatan berupa praktik fotosintesis menggunakan air kran sekolah dan daun dari lingkungan alam. Cara yang digunakan dalam pembelajaran IPAS menggunakan media lingkungan dengan melakukan perencanaan terlebih dahulu. Menggunakan bahan ajar, memberikan petunjuk dan himbauan peralatan yang diperlukan pada praktik fotosintesis, memberikan peraturan saat pembelajaran IPAS sebelum keluar kelas, mengarahkan siswa ke kebun milik sekolah yang terletak di sebelah geduang 2 MI Ma’arif NU Karanggedang 2. Mengamati media lingkungan alam dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, setelah semua tugas selesai siswa di arahkan untuk memetik daun dan setelah itu kembali ke madrasah untuk melakukan praktik fotosintesis menggunakan air, daun, dan gelas. Setelah beberapa menit siswa melihat hasil fotosintesis dan guru menerangkannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Media lingkungan, Pembelajaran IPAS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zamita Aulia Wardah sdri
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:32
Last Modified: 07 Jun 2024 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24728

Actions (login required)

View Item View Item