PERSELINGKUHAN DALAM "SINETRON TAKDIR CINTA YANG KUPILIH" DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE @SCTV (ANALISIS NARASI MODEL VLADIMIR PROPP)

Alfiah, Nihayatul Azizah (2024) PERSELINGKUHAN DALAM "SINETRON TAKDIR CINTA YANG KUPILIH" DI JEJARING SOSIAL YOUTUBE @SCTV (ANALISIS NARASI MODEL VLADIMIR PROPP). Skripsi thesis, UIN Prof .K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Alfiah Nihayatul Azizah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kontruksi perselingkuhan dalam sinetron takdir cinta yang kupilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai bagaimana komtruksi perselingkuhan dalam sinetron takdir cinta yang kupilih di episode 1-10. Sinetron ini memceritakan tentang pernikahan yang didasari dengan perjodohan hingga terjadi perselingkuhan dikarenakan sang istri Novia membawa sahabatnya ke dalam rumah tangganya sehingga terjadilah perselingkuhan. Dimana sang suami hakim tergoda dengan sahabat istrinya sendiri yaitu tammy sampai terjadi hubungan terlarang. Akhirnya Sang istri novia mengetahui perselingkuhan yang terjadi antara hakim dan tammy, novia memutuskan untuk bercerai dengan hakim. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah analisis narasi model Vladimir Propp. Subjek dalam penelitian adalah sinetron “Takdir Cinta Yang Kupilih Episode 1-10 dan objek penelitian adalah perselingkuhan. Sumber data penelitian diperoleh dari youtube @SCTV dengan teknik pengumpulan data berupa document research serta teknik analisis yang digunakan adalah analisis naratif Vladimir Propp. Peneliti memberikan kesimpulan bahwa “Perselingkuhan dalam sinetron takdir cinta yang kupilih di jejaring sosial youtube @sctv (Analisis Narasi Model Vladimir Propp)” yaitu (1) Karakter dalam sinetron “Takdir Cinta Yang Kupilih” episode 1-10 menggambarkan tujuh karakter narasi model Vladimir Propp, yakni villain, donor, helper, peincess and father, dispatcher, hero dan false hero; (2) Perselingkuhan dilakukan oleh karakter villain dan false hero, yakni tokoh Tammy dan Hakim; (3) Karakter donor diperankan oleh tokoh Miss. Riska dan Ibu Indri; (4) Karakter Princes and Father diperankan oleh tokoh Novia dan pak Asraf; dan (5) Tokoh heper dan hero diperankan oleh tokoh Jeffry, sedangkan karakter dispatcher diperankan oleh tokoh Benjamin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perselingkuhan,Analisis Narasi , Sinetron Takdir Cinta Yang Kupilih
Subjects: 700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances > 791.4 Film, Radio, Televisi > 791.4302 Aspek tertentu dari Film (gambar hidup)
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Alfiah Nihayatul Azizah sdri
Date Deposited: 27 Apr 2024 02:36
Last Modified: 27 Apr 2024 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24582

Actions (login required)

View Item View Item