MANAJEMEN PROGRAM KELAS PENULIS CILIK DI PKBM AR ROSYID PURWOKERTO

Maria, Ulfah (2024) MANAJEMEN PROGRAM KELAS PENULIS CILIK DI PKBM AR ROSYID PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi MARIA ULFAH (2017401135).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan aktivitas pengaturan dan pengelolaan yang dilakukan guna mencapai efektivitas dan efisiensi tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen dalam pendidikan sangat diperlukan karena memiliki kedudukan yang sangat krusial, dimana semua program dalam dunia pendidikan tidak lepas dari fungsi manajemen (Planing, Organizing, Actuating, Controling) dalam siklus pelaksanaannya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang manajemen program kelas penulis cilik di PKBM Ar Rosyid Purwokerto melalui empat fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen program kelas penulis cilik di PKBM Ar Rosyid sudah dilakukan dengan baik dan terstruktur. Pada tahap perencanaan dilakukan dengan cara menentukan tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan program kelas penulis cilik, menyiapkan materi, menetapkan jadwal, dan metode pelaksanaan kelas, menentukan rencana pendanaan (biaya) serta melakukan sosialisasi dan promosi program kelas penulis cilik. Tahap pengorganisasian dilakukan dengan cara menentukan tenaga pengajar/tentor pendamping kelas penulis cilik, serta mengkondisikan fasilitas atau sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kelas penulis cilik. Tahap pelaksanaan dilakukan melalui beberapa kegiatan yaitu: aktivitas membaca selama 15 menit, mengisi jurnal membaca, kegiatan membuat karya tulis, melakukan revisi atau perbaikan terhadap naskah tulisan yang sudah dibuat, terakhir adalah mengirimkan karya tulis kepada pihak penerbit. Kemudian pada tahap pengawasan dilakukan melalui evaluasi yang dilakukan serta mengacu pada indikator keberhasilan penulis cilik dalam pelaksanaan kelas, kemudian melakukan rapat koordinasi antara tentor, orang tua dan penulis cilik sebagai bentuk tindak lanjut dari proses evaluasi yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Program, Program Kelas Penulis Cilik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Maria Ulfah sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 02:47
Last Modified: 23 Apr 2024 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24075

Actions (login required)

View Item View Item