ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE MONEY TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT KOTA PURWOKERTO

Helin, Febrianbudi (2024) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE MONEY TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT KOTA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HELIN FEBRIANBUDI_ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE MONEY TERHADAP POLA KONSUMSI MASYARAKAT KOTA PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini kian mempengaruhi kehidupan manusia termasuk pada kegiatan perekonomian. Mobile money menjadi suatu inovasi financial technology (fintech) yang hadir memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan keuangan. Keefektifan mobile money ini dapat mempengaruhi perubahan dasar pada pola perilaku konsumsi masyarakat yang sejalan dengan teori model siklus “The Needs Adoptive Shopper” yang mengungkapkan bahwa teknologi memainkan peran dalam merubah kegiatan perekonomian mulai dari cara berbelanja hingga pembayaran transaksi. Namun dalam beberapa penelitian masih memiliki output yang tidak sejalan dengan teori tersebut, hal ini menghasilkan ketidaksesuaian antara hasil penelitian terkait penggunaan teknologi terhadap perilaku konsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola konsumsi pengguna mobile money serta pengaruh penggunaan mobile money terhadap pola konsumsi masyarakat Kota Purwokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif. Metode pengumpulan sampel yang digunakan ialah kombinasi antara probability sampling menggunakan proportionate stratified random sampling dan non-probability sampling menggunakan purposive sampling dengan melibatkan 435 responden yang merupakan pengguna aktif mobile money yang tersebar di 11 kecamatan di Kota Purwokerto. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji korelasi rank spearman dan regresi ordinal. Berdasarkan hasil analisis data dari survey dan literatur menunjukan bahwa shopeepay menjadi aplikasi mobile money yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Kota Purwokerto dengan rentang pengeluaran yang masih tergolong rendah, paling tinggi pengeluarannya pada jenis konsumsi fashion; konsumsi pangan serta konsumsi komunikasi. Berdasarkan hasil analisis regresi ordinal diketahui bahwa penggunaan mobile money memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap pola konsumsi masyarakat Kota Purwokerto. Artinya, jika individu mengalami peningkatan pada penggunaan mobile money maka mereka cenderung memiliki pola konsumsi yang tinggi. Kata Kunci: Mobile Money, Pola Konsumsi The development of technology and information is increasingly affecting human life, including economic activities. Mobile money is a financial technology (fintech) innovation that is present to provide convenience for the community in accessing financial services. The effectiveness of mobile money can affect basic changes in people's consumption behavior patterns in line with the theory of the "The Needs Adoptive Shopper" cycle model which reveals that technology plays a role in changing economic activities ranging from how to shop to payment transactions. However, some studies still have outputs that are not in line with this theory, this results in a discrepancy between the results of research related to the use of technology on consumption behavior. This study aims to analyze the consumption patterns of mobile money users and the effect of mobile money used on the consumption patterns of the people of Purwokerto City. This research uses an explanatory quantitative approach. The sampling method was use combines probability sampling using proportionate stratified random sampling and non-probability sampling using purposive sampling involving 435 respondents who are active users of mobile money spread across 11 sub-districts in Purwokerto City. The data analysis technique used in this research were descriptive statistics and inferential statistics using the spearman rank correlation test and ordinal regression. Based on the results of data analysis from surveys and literature, it showed that shopeepay is the most widely used mobile money application by the people of Purwokerto City with a range of expenditures that are still relatively low, the highest expenditure on the type of fashion consumption; food consumption and communication consumption. Based on the results of the ordinal regression analysis, it was known that the use of mobile money has a positive and significant influence on the consumption patterns of the people of Purwokerto City. That is, if individuals experience an increase in the use of mobile money then they tend to have high consumption patterns. Keywords: Mobile Money, Consumption Pattern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mobile Money, Pola Konsumsi
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living
600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Helin Febrian Budi
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:06
Last Modified: 22 Apr 2024 06:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/24013

Actions (login required)

View Item View Item