PENGARUH SELF – POTENTIAL, KNOWLEDGE, DAN SOCIAL ENVIRONMENT TERHADAP MINAT MAHASISWA BEKERJA DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TAHUN ANGKATAN 2020)

JAUZA, ADILA (2024) PENGARUH SELF – POTENTIAL, KNOWLEDGE, DAN SOCIAL ENVIRONMENT TERHADAP MINAT MAHASISWA BEKERJA DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO TAHUN ANGKATAN 2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
JAUZA ADILA_PENGARUH SELF - POTENTIAL, KNOWLEDGE, DAN SOCIAL ENVIRONMENT TERHADAP MINAT MAHASISWA BEKERJA DI BANK SYARIAH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Indonesia sedang meningkatkan sektor keuangan berdasarkan prinsip Syariat Islam, khususnya pengembangan bank syariah. Untuk mempertahankan keseimbangan dan kinerja, bank syariah membutuhkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Hal ini membuka peluang bagi perguruan tinggi untuk melatih lulusan agar siap berkontribusi di bank syariah. Self – potential dalam implementasinya terhadap bank syariah, ketika mahasiswa memiliki kemampuan public speaking yang baik, maka bisa menjadi customer service, marketing, dan lain sebagainya. Selanjutnya knowledge atau pengetahuan yang dimiliki mahasiswa yang didapat dari bangku kuliah seputar perbankan dan lembaga keuangan dapat menambah pemahaman dan mendorong potensi diri. Faktor dari luar seperti social environment juga tidak kalah penting perannya dalam menumbuhkan minat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan antara self – potential, knowledge dan social environment terhadap minat mahasiswa bekerja di bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasinya adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Tahun Angkatan 2020 dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 241 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposivei sampling. Analisis data meliputi uji keabsahan data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan Uji F diketahui bahwa variabel self – potential (X1), knowledge (X2), dan social environment (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bekerja (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 59,619 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Selain itu berdasarkan hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel self – potential (X1) nilai Thitung sebesar 3,489, knowledge (X2) nilai Thitung sebesar 3,556, dan social environment (X3) Thitung sebesar 6,994 yang artinya secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bekerja (Y). Kata Kunci: Self – Potential, Knowledge, Social Environment, dan Minat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self – Potential, Knowledge, Social Environment, dan Minat
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Jauza Adila sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:59
Last Modified: 22 Apr 2024 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23995

Actions (login required)

View Item View Item