IMPLEMENTASI METODE SMALL GROUP DISCUSSION DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA'AH DI SMP MUHAMMADIYAH KLUWUT KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES

Hanah Zahro, Hanifah (2024) IMPLEMENTASI METODE SMALL GROUP DISCUSSION DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIRA'AH DI SMP MUHAMMADIYAH KLUWUT KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hanah Zahro Hanifah_ Implementasi Metode Small Group Discussion Dalam pembelajaran Maharah Qira'ah di SMP Muhammadiyah Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penggunaan dan pemilihan metode yang kreatif oleh guru adalah salah satu yang berpengaruh di dalam proses pembelajaran bahasa Arab khususnya dalam pembelajaran Maharah Qiraah. Maharah Qira’ah dalam proses pembelajarannya melalui tiga tahapan yaitu membaca teks bahasa Arab, menerjemahkan teks bahasa Arab, dan menentukan ide pokok dari teks bahasa Arab. Pembelajaran maharah qira’ah di SMP Muhammadiyah Kluwut menggunakan metode small group discussion pada proses penerjemahan teks atau pemaknaan teks dan penentuan ide pokok dari teks bahasa Arab.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana hasil dari implementasi metode Small Group Discussion dalam pembelajaran Maharah Qira’ah di SMP Muhammadiyah Kluwut Kecamatan Bulakamba. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Cara yang digunakan dalam pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumtesi. Adapun analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Small Group Discussion dalam pembelajaran Maharah Qira’ah di SMP Muhammadiyah Kluwut Kecamatan Bulakamba, khususnya di kelas VIII C dilakukan dalam tiga langkah yaitu, Langkah persiapan seperti melihat kurikulum merdeka, menyusun RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran), mempersiapkan materi dari modul, mempersiapkan metode yang digunakan. Kemudian langkah pelaksanaan, yaitu guru menyajikan teks bahasa arab yang harus di bahas bersama dalam diskusi, guru membuat kelompok dengan mempertimbangkan kemampuan siswa, guru mengawasi keberjalanan diskusi dan guru memberikan pengarahan dalam proses penerjemahan. Selanjutnya, langkah evaluasi, evaluasi yang digunakan adalah evaluasi tertulis (tes) untuk evaluasi pembelajaran bahasa arab secara keseluruhan dan evaluasi tidak tertulis (non-tes) untuk evaluasi pembelajaran maharah qira’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Small Group Discussion, Maharah Qira’ah
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HANAH ZAHRO HANIFAH sdri
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:40
Last Modified: 22 Apr 2024 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23981

Actions (login required)

View Item View Item