IMPLEMENTASI PANDANGAN K.H AHMAD DAHLAN DALAM PRAKTIK KEPEMIMPINAN MADRASAH DI MTS MUHAMMADIYAH 01 PURBALINGGA

Mirawati, Mirawati (2024) IMPLEMENTASI PANDANGAN K.H AHMAD DAHLAN DALAM PRAKTIK KEPEMIMPINAN MADRASAH DI MTS MUHAMMADIYAH 01 PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mirawati_1917401015..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sebagai madrasah Muhammadiyah di bawah naungan Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah), ideologi Muhammadiyah merupakan hal yang sangat penting untuk dikenalkan dan di implementasikan dalam praktik kepemimpinan di madrasah. Keberhasilan implmenetasi ideologi Muhammadiyah di madrasah tidak terlepas dari peran kepala madrasah sebagai pemimpin. Dengan demikian peneliti tertarik untuk meneliti terkait dengan implementasi pandangan K.H Ahmad Dahlan dalam praktik kepemimpinan madrasah di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengetahui pengenalan dan pengimplementasian ideologi Muhammadiyah (2) mengetahui implementasi ideologi Muhammadiyah dalam praktik kepemimpinan madrasah (3) mengetahui faktor pendukung dari implementasi ideologi Muhammadiyah (4) mengetahui dampak dari implementasi ideologi Muhammadiyah dalam praktik kepemimpinan madrasah (5) mengetahui indikator keberhasilan dari implementasi ideologi Muhammadiyah dalam praktik kepemimpinan madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metodologi penelitian lapangan (Filed Research). Objek penelitian ini yaitu implementasi pandangan K.H Ahmad Dahlan dalam praktik kepemimpinan madrasah. Lokasi penelitian ini di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data, menggunakan metode reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengenalan dan pengimplementasian idelogi Muhammadiyah, melalui kegiatan matsama, IPM, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial serta ektrakurikuler (2) Implementasi ideologi Muhammadiyah dalam praktik kepemimpinan madrasah dibuktikan dengan kebijakan-kebijakan yang diterapkan di madrasah seperti penandatanganan pakta intergritas, rekruitmen guru serta pembinaan-pembinaan (3) Faktor pendukung implementasi ideologi Muhammadiyah, adanya guru dan karyawan yang cukup lama mengenal Muhammadiyah dan cukup lama mengabdi di madrasah (4) Dampak implementasi ideologi Muhammadiyah, terlihat pada perubahan akhlak siswa, ideologi Muhammadiyah juga mempengaruhi kinerja guru. (5) Indikator keberhasilan implementasi ideologi Muhammadiyah meliputi: pendidikan yang berkualitas, pengembangan karakter, keterlibatan masyarakat, pengimplementasian nilai-nilai keislaman, inovasi dan adaptasi. Kata Kunci: Ideologi Muhammadiyah, MTs Muhammadiyah, Kepemimpinan Madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ideologi Muhammadiyah, MTs Muhammadiyah, Kepemimpinan Madrasah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mirawati Mirawati sdri
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:20
Last Modified: 23 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item View Item