MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL DI MAN 2 BANYUMAS

Silvia, Novi Amalia (2024) MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL DI MAN 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SILVIA NOVI AMALIA_MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM KETERAMPILAN VOKASIONAL DI MAN 2 BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen pendidikan merupakan kegiatan untuk membantu lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan. Manajemen pendidikan berkaitan erat dengan ketercapaian kegiatan belajar mengajar, karena manajemen pendidikan merupakan usaha dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum merupakan sesuatu yang mencakup seluruh aspek dalam kegiatan proses pembelajaran, karena kurikulum memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar. Manajemen kurikulum memiliki peran penting yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran dalam upaya mewujudkan tujuan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum program keterampilan vokasional di MAN 2 Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait manajemen kurikulum program keterampilan vokasional di MAN 2 Banyumas. Objek dalam penelitian ini adalah kurikulum program keterampilan vokasional di MAN 2 Banyumas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data menggunakan reduksi data, deskripsi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum program keterampilan vokasional di MAN 2 Banyumas dilakukan dengan 3 tahap yaitu 1) tahap perencanaan meliputi kegiatan perumusan tujuan, penempatan sumber daya manusia, membuat silabus, modul ajar dan Rancangan Program Pembelajaran (RPP), analisis kebutuhan sarana dan prasarana serta rapat perencanaan kurikulum. 2) tahap pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dengan pola komplementatif menggunakan metode pembelajaran moving class. 3) tahap evaluasi kurikulum mencakup kegiatan evaluasi guru keterampilan, evaluasi proses pembelajaran dan penelusuran lulusan. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Keterampilan Vokasional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Keterampilan Vokasional
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Silvia Novi Amalia sdri
Date Deposited: 19 Apr 2024 02:04
Last Modified: 19 Apr 2024 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23924

Actions (login required)

View Item View Item