Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Jama'ah Haji dan Umroh di PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta

Risnawati, Risnawati (2024) Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Minat Jama'ah Haji dan Umroh di PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RISNAWATI STRATEGI PELAYANAN_FIK JILID-2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi pelayanan merupakan strategi untuk memberikan pelayanan kepada jama'ah dengan kualitas sebaik mungkin sesuai dengan standar perusahaan. Standar pelayanan ditetapkan sesuai keinginan dan harapan jama’ah, sehingga tidak terjadi kesenjangan antara pelayanan yang diberikan dengan harapan jama’ah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelayanan yang diterapkan PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta dalam meningkatkan minat jama’ah haji dan umroh di Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Karyawan PT. Hajar Aswad Mubaroq dan jama' ah yang mendaftar disana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Untuk meningkatkan jumlah jamaah haji dan umrah, PT.Hajar Aswad perlu menerapkan strategi pelayanan yang komprehensif. Strategi tersebut meliputi peningkatan kualitas pelayanan dengan memberikan pelayanan yang ramah, profesional, dan responsif, serta memastikan pemahaman yang baik mengenai prosedur ibadah. Selain itu, promosi dan pemasaran yang efektif melalui media cetak dan media sosial, serta menghadirkan beberapa ustadz terkenal. Penawaran paket yang kompetitif dengan harga terjangkau, pilihan fasilitas yang bervariasi, dan skema pembayaran yang fleksibel dapat menarik minat calon jama’ah. Peningkatan sumber daya manusia dengan merekrut dan melatih staf yang kompeten, serta tour leader yang sudah tersertifikasi. Terakhir, PT. Hajar Aswad memiliki 3 konsep yakni pendampingan, pembimbingan dan pelayanan itu sendiri. Selain itu juga menerapkan prinsip yaitu keselamatan atau keamanan (safety), kepercayaan (trust) dan kepemimpinan (leading). Dan mereka juga menerapkan pendekatan humanis persuasif atau yang bersifat kekeluargaan. Kata kunci : Strategi Pelayanan, Peningkatan Minat Bergabung, Jama’ah Haji dan Umroh, PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pelayanan, Peningkatan Minat Bergabung, Jama’ah Haji dan Umroh, PT. Hajar Aswad Mubaroq Surakarta
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Risnawati Risnawati sdri
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:41
Last Modified: 01 Apr 2024 03:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23848

Actions (login required)

View Item View Item