MANAJEMEN RISIKO UMKM BENGKEL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Bengkel Las Ozi Steel dan Teralis di Dusun Curug Tengah, Desa Kincang, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara)

Alvin, Fathurohman (2024) MANAJEMEN RISIKO UMKM BENGKEL PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Bengkel Las Ozi Steel dan Teralis di Dusun Curug Tengah, Desa Kincang, Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alvin Fathurohman_Manajemen Resiko UMKM Bengkel perspektif Ekonomi Islam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang sering kita sebut sebagai UMKM menjadi sebuah pembahasan yang menarik bagi para akademisi ekonomi di Indonesia. Hal ini dikarenakan UMKM menjadi salah satu metode yang digunakan untuk memperkuat ekonomi di Indonesia. Namun dalam kenyataannya setiap UMKM tentu mempunyai resiko yang dihadapi. Resiko tersebut ketika tidak dapat diatur dengan benar maka akan berpotensi menjadikan UMKM tersebut mengalami kegagalan. Hal demikianlah yang menjadikan penelitian ini membidik terkait manajement resiko yang ditimbulkan oleh UMKM. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganlisis dan menjelaskan bagaimana manajemen resiko pada UMKM bisa menjadi sebuah hal yang memberlangsungkan UMKM itu sendiri. Adapun penelitian ini berfokus dalam UMKM Bengkel Las Ozi Steel dan Teralis yang berada di Dusun Curug Tengah Desa Kincang Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara. Adapun penelitian ini berjenis penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan mangamati, melihat secara langsung dengan mendatangi sumber data yang ada, dalam penelitian ini adalah mengobservasi UMKM Bengkel Las Ozi Steel. Wawancara dala penelitian ini dilakukan dalam mencari serta menggali sumber data kepada beberapa informan seperti pemilik, pekerja, dan pelanggan dari UMKM Bengkel Las Ozi Steel dan Teralis. Kemudian dokumentasi berfungsi untuk mendokumentasikan sumber yang ada dilapanga. Teknik analisis data, yaitu reduksi data, pemaparan data, dan pengambilan kesimpulan atau hasil dari penelitian. Hasil penelitian adalah manajemen resiko pada Bengkel Las Ozi dilakukan dengan Pertama, Pembagian kerja yang kooperatif, kedua, pengawasan dalam bekerja, ketiga, penetapan uang muka, keempat, mendatangi konsumen ketika gagal bayar. Dalam perspektif Islam Manajemen resiko yang dilakukan oleh bengkel las Ozi Steel ketidaksuaian pesanan diantisipasi dengan akad istishna, yang diterapkan di toko ini dengan perjanjian pesanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Resiko, UMKM, Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alvin Fathurohman sdr
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:31
Last Modified: 25 Jan 2024 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23153

Actions (login required)

View Item View Item