PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU

Ni'matul, Azmi (2024) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NI'MATUL AZMI_PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA BUSTANUL ULUM NU BUMIAYU.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di kelas XI SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu. Peningkatan kualitas pembelajaran yang dimaksud adalah peningkatan suatu mutu, nilai baik/buruk ataupun derajat dari suatu kegiatan interaksi guru dengan siswa dalam proses pembelajaran yang dapat dilihat dari nilai siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab di kelas XI SMA Bustanul Ulum NU Bumiayu melalui 2 sisi. Pertama, peningkatan kualitas dari sisi guru, yaitu: (1) Meningkatkan kemampuan profesional guru, (2) menumbuhlan kreatifitas guru dengan menggunakan media dan strategi pembelajaran, (3) meningkatkan motivasi belajar peserta didik, (4) menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, (5) menerapkan pembelajaran kreatif, (6) mengadakan konsultasi pelajaran untuk peserta didik, dan (7) memberi apresiasi atau reward kepada peserta didik. Kedua, peningkatan dalam proses pembelajaran dengan tiga tahap, yaitu: (1) Perencanaan pembelajaran dengan guru memahami kurikulum, menguasai bahan ajar, menyusun program pengajaran, memulai program pengajaran dan evaluasi hasil belajar yang telah dilaksanakan, (2) Pelaksanaan pembelajaran melalui tiga langkah membuka pelajaran, menyampaikan materi pelajaran, dan menutup pelajaran, (3) Evaluasi pembelajaran untuk mengevaluasi sejauhmana keberhasilan dari pembelajaran tersebut. Kata Kunci: Peningkatan kualitas, nilai siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kualitas, nilai siswa.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ni'matul Azmi sdri
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:12
Last Modified: 25 Jan 2024 07:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23031

Actions (login required)

View Item View Item