IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK AL-HUDA BUMIAYU BREBES

Inhatul, Laela (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK AL-HUDA BUMIAYU BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Inhatul Laela Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pada sistem satuan pendidikan di Indonesia, tolak ukur pendidikan dinilai layak atau tidaknya dilihat dari penyajian kurikulum yang berkualitas. Tiap tahunnya sistem kurikulum terdapat banyak perubahan salah satunya kurikulum merdeka belajar. Begitu juga dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMK Alhuda Bumiayu Brebes telah menerapkan model Kurikulum tersebut. Dikarenakan siswa menganggap Bahasa Arab sulit dipahami, maka usaha merubah aturan ini diharapkan mampu membantu siswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan peneliti ialah metode penelitian kualitatif deskriptif. Alasannya, masalah yang diteliti perlu pemecahan bersifat perbandingan dan penggabungan fakta real di lapangan. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan teori reduksi, display dan verifikasi data. Hasil penelitiannya bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar di SMK Alhuda Bumiayu Brebes belum maksimal terlaksana. Penerapan ini masih terhambat oleh beberapa pihak sekolah serta banyaknya asumsi tentang kesulitan belajar bahasa. Sebaiknya para pihak sekolah wajib meningkatkan kesadaran akan pentingnya upgrade diri terkait kurikulum baik dalam praktik ataupun teorinta agar sesuai dengan tujuan yang dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka Belajar, Hambatan
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Inhatul Laela sdri
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:43
Last Modified: 23 Jan 2024 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/23000

Actions (login required)

View Item View Item