Ikhtilāf at-Tafsīr antara as-Suyūṭī dan al-Maḥallī (Studi Tafsīr Jalālaīn)

Mochamad Najmu, Staqib (2023) Ikhtilāf at-Tafsīr antara as-Suyūṭī dan al-Maḥallī (Studi Tafsīr Jalālaīn). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah realita dinamika penafsiran yang berkembang diantara mufassirīn. Dinamika tersebut tidak terlepas dari latar belakang keilmuan mufassir dan juga latar belakang sosial yang melingkupi mufassir saat menuliskan karya tafsir. Tentunya akan menjadi unik bilamana karya tafsir ditulis secara kolektif, mengingat penafsiran antar satu ulama dengan ulama yang lain itu memiliki dinamika yang berbeda. Dalam penelitian ini penulis menggunakan Tafsīr Jalālaīn sebagai objek penelitian, sebab tafsir ini ditulis secara kolektif serta utuh oleh al-Maḥallī dan as-Suyūṭī. Di sisi lain, as-Suyūṭī dalam akhir khātimah-nya mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tempat yang terdapat ikhtilāf antara beliau dengan al-Maḥallī, yang mana perbedaan tersebut tidak sampai sepuluh. Diantara tempat yang disebutkan as-Suyūṭī adalah Q.S al-Ḥijr: 29 dan Q.S Ṣad: 72 serta Q.S al-Baqarah: 62 dan Q.S al-Ḥajj: 17. Kemudian dalam konteks ini, penulis mendapati tiga tempat lainnya, yaitu Q.S an-Nisā’: 1 dan Q.S az-Zumar: 6, Q.S al-Isrā’: 23 dan Q.S al-Aḥqāf: 17 serta Q.S al-Baqarah: 5 dan Q.S Luqmān: 5. Letak perbedaan penafsiran dari kelima term tersebut secara berurutan adalah pemberian definisi terhadap term ruh, penambahan aw an-naṣārā oleh as-Suyūṭī, penyebutan asal muasal Siti Hawa secara jelas, perbedaan terkait cara membaca term uffin dan penyebutan as-Suyūṭī terhadap bentuk keberuntungan yang akan diperoleh oleh al-mufliḥūn. Menggunakan pisau analisis wacana kritis Van Dijk, yang mana analisis ini dapat digunakan untuk membedah hal yang bersifat eksplisit maupun implisit dalam suatu wacana. Analisis wacana kritis Van Dijk terbagi menjadi tiga tahap, yakni tahap linguistik, kognisi sosial dan konteks sosial. Pada tahap analisis linguistik, penulis mendapati tiga unsur skematik dalam term pertama dan kedua. Sedangkan pada term ketiga sampai kelima, penulis mendapati dua skematik yang terbangun di dalamnya. Selanjutnya pada analisis kognisi sosial, terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perbedaan penafsiran antara kedua imam, yakni latar belakang keilmuan dan pemahaman akan siyāq al-kalām dalam suatu ayat yang mengakar kuat, konsistensi dalam memegang manhaj ijmālī dalam penyusunan tafsir ini serta kecenderungan untuk menampilkan aqwāl dalam suatu permasalahan. Terakhir, dalam analisis konteks sosial juga terdapat tiga faktor yang mempengaruhi. Faktor pertama adalah keterpengaruhan kedua imam oleh pendapat-pendapat yang disampaikan oleh imam madzhab, baik madzhab fikih maupun teologi dan juga keterpengaruhan keduanya oleh guru-guru beliau. Faktor kedua adalah masih terdapat ikhtilāf al-qaūl antar ulama terkait beberapa permasalahan dari lima term tersebut. Faktor ketiga adalah marāji’ yang dijadikan landasan penukilan penafsiran oleh kedua imam. Kata kunci: Ikhtilāf at-Tafsīr, Tafsīr Jalālaīn, Analisis Wacana Kritis This research is motivated by the reality of the dynamics of interpretation that develop among interpreters. This dynamic cannot be separated from the mufassir’s scientific background and also the social background that surrounds the mufassir when writing the interpretive work. Of course, it would be unique if the interpretive work was written collectively, considering that interpretations between one cleric and another cleric have different dynamics. In this research, the author makes Tafsīr Jalālaīn the object of research, because this interpretation was written collectively and intact by al-Maḥallī and as-Suyūṭī. On the other hand, as-Suyūṭī in his closing statement revealed that there are several places where there are differences in interpretation between al-Maḥallī, where the difference is less than ten. Among the places mentioned by as-Suyūṭī are Q.S al-Ḥijr: 29 and Q.S Ṣad: 72 as well as Q.S al-Baqarah: 62 and Q.S al-Ḥajj: 17. Then in this context, the author found three other places, namely Q.S an-Nisā’: 1 and Q.S az-Zumar: 6, Q.S al-Isrā’: 23 and Q.S al-Aḥqāf: 17 as well as Q.S al-Baqarah: 5 and Q.S Luqmān: 5. The differences in interpretation of the five terms respectively are the definition of the term ar-rūḥ, the addition of the sentence aw an-naṣārā by as-Suyūṭī, the clear mention of the origin of Siti Hawa, the difference regarding how to read the term uffin and the mention of as-Suyūṭī regarding the form of luck that will be obtained by al-mufliḥūn. Using Van Dijk’s critical discourse analysis, where this analysis can be used to dissect things that are explicit or implicit in a discourse. Van Dijk’s critical discourse analysis is divided into three stages, namely the linguistic stage, social cognition and social context. At the linguistic analysis stage, the author found three schematic elements in the first and second terms. While in the third to fifth terms, the author finds two schematics built into it. Furthermore, in the analysis of social cognition, there are three factors that influence differences in interpretation between the two imams, namely scientific background and understanding of siyāq al-kalām in a verse that is deeply rooted, consistency in holding the manhaj ijmālī in compiling this interpretation and the tendency to display aqwāl in a verse problem. Lastly, in the social context analysis there are also three influencing factors. The first factor is the influence of the two imams by the opinions expressed by madzhab imams, both madzhab of jurisprudence and theology, and also the influence of both by their teachers. The second factor is that there is still ikhtilāf al-qaūl between ulama regarding several issues from these five terms. The third factor is marāji’ which is used as the basis for interpreting interpretations by the two priests. Keyword: Differences Interpretation, Tafsīr Jalālaīn, Critical Discourse Analysis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ikhtilāf at-Tafsīr, Tafsīr Jalālaīn, Analisis Wacana Kritis
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.3 Tafsir Al Qur'an > 2x1.32 Tafsur Sunni (Tahlili, Bil Ma'tsur, Bir Ra'yi, Falsafi, Sufi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Mochamad Najmu Staqib sdr
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:45
Last Modified: 22 Jan 2024 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22936

Actions (login required)

View Item View Item