ANALISIS KONSISTENSI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH KEMRANJEN

Rizqi, Ainur Rohmah (2024) ANALISIS KONSISTENSI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH KEMRANJEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RIZQI AINUR ROHMAH-ANALISIS KONSISTENSI BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM MERDEKA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH KEMRANJEN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang tidak mungkin dipisahkan dengan kurikulum. Oleh karana itu, kesesuaian buku ajar dengan kurikulum sangatlah penting. Akan tetapi dalam realita yang ada, terdapat permasalahan-permasalahan terkait muatan-muatan dalam buku teks. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kekonsistenan suatu buku teks apakah sesuai dengan kurikulum atau tidak. Dalam penelitian ini khususnya membahas mengenai materi-materi yang terdapat dalam buku teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti kelas VII penerbit Erlangga edisi 2022 apakah telah sesuai dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian library. Penelitian ini menggunakan dokumen berupa buku teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti kurikulum merdeka jenjang SMP kelas VII terbitan Erlangga sebagai objek utamanya. Teknik pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan wawancara, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dari segi elemen-elemen Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti serta dari kesesuaian dengan kurikulum merdeka. Memperoleh hasil bahwa dari segi elemen keilmuan pada Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti yang meliputi Al-Qur’an-Hadis, Akidah, Akhlak, Fikih, dan Sejarah Peradaban Islam. Elemen-elemen tersebut semuanya telah termuat dalam buku teks Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti kelas VII penerbit Erlangga. Untuk kesesuaian dengan CP (Capaian Pembelajaran) atau kompetensi yang diharapkan nantinya dapat dicapai peserta didik pada akhir pembelajaran peneliti anggap telah sesuai. Kata Kunci: Analisis Materi, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Materi, Buku Teks, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqi Ainur Rohmah sdri
Date Deposited: 22 Jan 2024 01:31
Last Modified: 22 Jan 2024 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22895

Actions (login required)

View Item View Item