MANAJEMEN STRATEGI SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY DALAM PENGEMBANGAN USAHA TOKO KELONTONG (STUDY KASUS PAGUYUBAN SRC BREBES BARAT KABUPATEN BREBES)

Muhammad Fahmi, Isnaini (2023) MANAJEMEN STRATEGI SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY DALAM PENGEMBANGAN USAHA TOKO KELONTONG (STUDY KASUS PAGUYUBAN SRC BREBES BARAT KABUPATEN BREBES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FAHMI ISNAINI_MANAJEMEN STRATEGI SAMPOERNA RETAIL COMMUNITY DALAM PENGEMBANGAN USAHA TOKO KELONTONG (STUDY KASUS PAGUYUBAN SRC BREBES BARAT KABUPATEN BREBES).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sampoerna Retail Community (SRC) memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian Indonesia. Seperti halnya SRC Brebes Barat juga memiliki peranan penting dalam pembangunan ekonomi daerah tersebut. Oleh karena itu, untuk mengatasi berbagai kendala yang ada, diantaranya yaitu: daya saing produk yang masih rendah, kurangnya kegiatan promosi, hingga penurunan jumlah produk dan omzet. Sampoerna Retail Community (SRC) Brebes Barat sebagai paguyuban turut aktif mengambil peran dalam pengembangan tersebut, yaitu dengan melakukan manajemen strategi kepada anggotanya agar memudahkan mengelola usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi pengembangan yang dilakukan oleh Sampoerna Retail Community (SRC) melalui paguyuban SRC Brebes Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan ( filed research ), dimana sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan manajemen strategi melalui tiga tahapan diantaranya: perumusan strategi, implmentasi strategi, dan Evaluasi. Perumusan strategi dimulai dari penyusunan visi misi, penilaian internal dan eksternal, perumusan strategi, dan kebijakan paguyuban. Sebagai implementasinya melalui program seperti manajemen retail, peningkatan literasi digital, peningkatan sumber daya manusia, dan peningkatan aksesibilitas, dengan menyesuaikan anggaran, standar operasional prosedur, dan evaluasi pengendalian. Langkah terakhir yang tempuh yaitu evaluasi dengan pihak paguyuban maupun Sampoerna Retail Community (SRC) sehingga menghasilkan dampak yang baik dari semua pihak. Kata Kunci: Manajemen Strategi, Sampoerna Retail Community (SRC), Brebes Barat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Sampoerna Retail Community (SRC), Brebes Barat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Fahmi Isnaini
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:24
Last Modified: 08 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item View Item