ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN ISI BUKU TEKS TEMATIK TERBITAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA'ARIF BANYUMAS DAN PUTRA NUGRAHA

Ristiana, Almu'jizah (2023) ANALISIS PERBANDINGAN KELAYAKAN ISI BUKU TEKS TEMATIK TERBITAN LEMBAGA PENDIDIKAN MA'ARIF BANYUMAS DAN PUTRA NUGRAHA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
RISTIANA ALMU'JIZAH_Analisis Perbandingan Kelayakan Isi Buku Teks Tematik Terbitan Lembaga Pendidikan Ma'arif Banyumas dan Putra Nugraha.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penggunaan buku tematik sebagai sumber belajar yang dipakai oleh guru diberbagai Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah sangat beragam, diantaranya adalah buku tematik terbitan Lembaga Pendidikan Ma’arif Banyumas dan Putra Nugraha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kelayakan isi buku teks tematik terbitan Lembaga Pendidikan Ma’arif Banyumas dan Putra Nugraha kelas 1 tema 3 kegiatanku. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi dan dokumentasi. Adapun analisisnya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah buku tematik terbitan Lembaga Pendidikan Ma’arif Banyumas dan Putra Nugraha. Subjek penelitian adalah dosen tiga orang, guru dua orang, dan siswa tiga orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kedua buku tersebut dikatakan sangat layak/sangat baik digunakan sebagai bahan ajar atau sumber belajar dikelas 1 SD/MI. Meskipun keduanya dikatakan sangat layak atau sangat baik keduanya tetap memiliki selisih perolehan penilaian yakni lebih unggul buku terbitan Putra Nugraha. Skor untuk buku terbitan Lembaga Pendidikan Ma’arif Banyumas seluruh aspek penilaian mendapat 37 dari non praktisi atau dosen, 47,5 dari praktisi atau guru dan 5 dari pengguna atau siswa. Sedangkan perolehan buku terbitan Putra Nugraha seluruh aspek mendapat penilaian 38 dari non praktisi atau dosen, 53,5 dari praktisi atau guru dan 6 dari pengguna atau siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Perbandingan, Kelayakan Isi, Buku Tematik
Subjects: 800 Literature and rhetoric > 803 Dictionaries and encyclopedias
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiana Almu'jizah sdri
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:20
Last Modified: 27 Oct 2023 02:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22478

Actions (login required)

View Item View Item