PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Mantrianom, Bawang, Banjarnegara)

Yeni, Ariyani (2023) PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Mantrianom, Bawang, Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
YENI ARIYANI_ PERAN PEMERINTAH DESA TERHADAP PENGELOLAAN DANA DESA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT, ( Studi di Desa Mantrianom, Bawang, Banjarnegara ) (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Covid-19, merupakan virus yang berdampak bagi perekonomian, yang sangat berpengaruh terhadap masyarakat yang mengakibatkan pemutusan hubungan kerja, lapangan pekerjaan yang begitu sulit, dan hasil pemasukan masyarakat yang menurun, yang menjadikan masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di bidang perekonomian, sehingga pentingnya peran pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat, dengan situasi pandemi penulis tertarik dengan peran pemerintah desa terhadap pengelolaan dana desa pada masa pandemi Covid-19 dalam mewujudkan kesejahteraan. Penulis mengunakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan normatif- empiris yang menggabungkan pedekataan supaya ada ketentuan hukum yang berlaku dan peristiwa hukum yang terjadi pada masyarakat, kewenangan pemerintah dalam pengelolaan dana desa pada pandemi Covid-19. Metode pengumpulan data denganm metode kualitatif yang diperoleh dari dokumentasi wawancara, observasi melalui pengamatan yang diperoleh saat di lapangan. upaya pengelolaan dana Desa pada masyarakat sangatlah penting adanya kaloborasi antar masyarakat dan pemerintah dengan baik utuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan dapat melaksanakan pengelolaan dana desa sesuai Desa dan syarat ketentuan masyarakat yang berhak menerima pengelolaan dana desa yang di kelola oleh pemerintah, melalui bantuan tunai langsung, padat karya tunai Desa, dan penanganan stunting, trasparansi dana melalui kegiatan musyawarah desa, upaya penangan dana mendesak dalam sebagai peningkatan kesejahteraan masyarakatnya sesuai permendes Nomor 13 Tahun 2020 dengan adanya dana desa menjadikan pendorong peran pemerintah dalam pengelolaan dana desa yang disajikan dengan terbuka dan masyarakat dilibatkatkan dalam perencanaan, pelaksanaan, penatusahaan, pelaporan, dan pertanggunng jawaban melalalui aplikasi sikudes sesuai Regulasi Pemendagri Nomor 20 Tahun 2018, tentang pengelolaan keungan Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Desa terhadap Pengelolaan Dana Desa pada Covid-19, Mensejahterakan Masyarakanya.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 342 Constitutional and administrative law
300 Social sciences > 350 Public administration
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: YENI ARIYANI
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:26
Last Modified: 26 Oct 2023 08:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item