PERAN DAN KEWENANGAN INSPEKTORAT DAERAH KOTA BANJAR DALAM PENCEGAHAN KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI TERHADAP DANA INFRASTRUKTUR DAERAH PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH

Muhamad Irham, Husni Mubarok (2023) PERAN DAN KEWENANGAN INSPEKTORAT DAERAH KOTA BANJAR DALAM PENCEGAHAN KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI TERHADAP DANA INFRASTRUKTUR DAERAH PERSPEKTIF FIKIH SIYASAH. Skripsi thesis, UIN PROF KH SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muhamad Irham Husni.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Inspektorat daerah merupakan salahsatu Intsitusi yang menjadi kepanjangan tangan dari KPK, pencegahan kasus tindak pidana korupsi menjadi tugas sekaligus peran dari Inspektorat Daerah Kota Banjar, demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dari KKN sesuai Visi dan Misi dari Walikota Banjar. Inspektorat Daerah Kota Banjar bekerjasama dengan APIP guna memerangi kasus tindak pidana korupsi, website SIMWAS menjadi sarana sekaligus terobosan yang menjadikan kinerja Inspektorat lebih efektif dan efisien. Peneliti menganalisis peran dan kewenangan Inspektorat Daerah dalam melakukan pencegahan kasus tindak pidana korupsi terhadap dana Infrastruktur Perspektif Fiqh{ Siya>sah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Penelitian ini bersubjek di Inspektorat Daerah Kota Banjar, peneliti telah mewawancarai pihak yang berperan langsung dalam pencegahan kasus tindak pidana korupsi yaitu dengan Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat daerah dan APIP (Aparatur Pengawas Internal Pemerintah) Kota Banjar untuk memperoleh informasi beserta data secara lengkap. Berdasarkan hasil analisis penulis, Peran dan Kewenangan Inspektorat daerah dalam melakukan pencegahan kasus tindak pidana korupsi di tinjau dari Fiqh{ Siya>sah Khususnya Prinsip Kekuasaan sebagai Amanah, Prinsip Penegakan Keadilan dan Prinsip Al-Hisbah sudah dapat dibenarkan, dengan menjungjung tinggi asas profesionalitas bahwa Inspektorat daerah tidak boleh memiliki keberpihakan kepada orang atau pihak manapun dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai unsur pengawas pemerintahan dan pencegahan kasus tindak pidana korupsi, dengan melahirkan website SIMWAS cukup meredam dan mengurangi kerugian dana pemerintah, selain membuat kinerja Inspektorat lebih efektif website SIMWAS juga mempermudah Inspektorat dalam melakukan pengawasan terhadap setiap sudut Institusi pemerintahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Inspektorat Daerah Kota Banjar, Pencegahan kasus korupsi, SIMWAS, Fiqh{ Siya>sah.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhamad Irham Husni Mubarok sdr
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:09
Last Modified: 26 Oct 2023 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22333

Actions (login required)

View Item View Item