PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 1 SD N 2 LINGGASARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Zenni, Ersza Vindia (2023) PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS 1 SD N 2 LINGGASARI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Zenni Ersza Vindia_Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 SD N 2 Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas..pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis membahas mengenai penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran tematik siswa kelas 1 yang ada di SD N 2 Linggasari. Adapun tujuan mengenai penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum merdeka yang ada di SD N 2 Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek yang diteliti dan mampu menghasilkan data yang bersifat deskriptif, dengan bentuk dokumen tulisan dan juga bentuk lisan yang peneliti peroleh melalui tahapan wawancara, dokumentasi dan observasi pada saat penelitian. Tahapan analisis data penulis menggunakan model reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahapan uji keabsahaan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran tematik di SD N 2 Linggasari sebagai berikut : (1) perencanaan kurikulum merdeka dilakukan untuk pedoman kegiatan yang menghasilkan capaian dalam penerapan kurikulum merdeka. Dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan dalam mendalami kurikulum merdeka. (2) pengorganisasian kurikulum merdeka yang digunakan yakni menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum merdeka dan kurikulum 2013, kurikulum merdeka pada tahun ini di terapakan di kelas 1 dan 4, kemudian untuk kelas lainya menggunakan kurikulum 2013. (3) pelaksanaan kurikulum merdeka dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan. Melaksanakan sosialisasi dengan dinas Pendidikan dan pelatihan dalam memahami kurikulum merdeka dengan mengisi PMM dan akun Belajar id. (4) evaluasi penerapan kurikulum merdeka dilakukan oleh kepala sekolah dan guru. Evaluasi dilakukan dengan cara guru memberikan hasil laporan melalui PMM serta akun belajar id, kemudian melaporkan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada akhir semester. Faktor pendukung dari penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran tematik, siswa siswi lebih interaktif, dan memahami materi. Sedangakan faktor penghambatnya guru harus lebih kreatif dan lebih mendalami kurikulum merdeka, serta guru belum menguasai teknologi dan internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Tematik, Penerapan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.389 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zenni Ersza Vindia sdri
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:04
Last Modified: 25 Oct 2023 03:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item