KOMUNIKASI VIRTUAL (KAJIAN FENOMENOLOGI KOREAN WAVE TERHADAP GAYA HIDUP SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO)

Nida Fatikhatun, Ni'mah (2023) KOMUNIKASI VIRTUAL (KAJIAN FENOMENOLOGI KOREAN WAVE TERHADAP GAYA HIDUP SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN AL-AMIN PABUARAN PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NIDA FATIKHATUN NI'MAH_ABSTRAK.pdf

Download (704kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Korean wave atau demam Korea merupakan fenomena menyebarnya budaya populer Korea Selatan di kancah internasional, termasuk di Indoneisa. Produk budaya Korea mulai dari K-drama, film, musik (K-pop), K-Fashion, K-beauty, Korean food dan elektronik. Kepopuleran Korean wave yang saat ini sedang marak dan nge-tren juga telah masuk ke lingkungan Pondok Pesantren, termasuk di Pondok Pesantren Al-Amin Pabuaran Purwokerto melalui internet terkhusus media sosial meliputi Youtube, Instagram, Twitter, Tiktok, Weverse, V-Live, Blog, dan Website. Media-media tersebut digunakan oleh Aktor Negeri Ginseng sebagai media komunikasi, promosi, dan pemasaran serta untuk menyebarluaskan budaya Korean wave kepada penggemar di seluruh dunia. Santri putri Pondok Pesantren Al-Amin Pabuaran Purwokerto yang menggemari budaya Korean Wave mengikuti akun idol atau fandom untuk mengetahui infomrasi ter-uptodate terkait tokoh/idol mereka. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk komunikasi virtual serta pengaruh gaya hidup yang ditimbulkan dari adanya fenomena budaya populer Korean wave. Peneltian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi Edmund Husserl sebagai teori utama dan konsep gaya hidup Henry Assael serta teori Computer Mediated Communication (CMC) sebagai teori pendukung. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak fenomena Korean wave, terdapat pengaruh gaya hidup pada santri putri Pondok Pesantren Al-Amin Pabuaran Purwokerto, seperti meniru gaya fashion idolanya, warna rambut, menggunakan bahasa Korea dikehidupan sehari-hari, membeli merchandise K-pop, konsumsi makanan dan minuman Korea, dan make-up. Komunikasi antar penggemar dengan tokoh/idola Korea merupakan komunikasi virtual dengan jenis komunikasi synchronous communication dan asynchronous communication. Kata Kunci: Fenomenologi, Korean wave, komunikasi virtual, gaya hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi, Korean wave, komunikasi virtual, gaya hidup.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NIDA FATIKHATUN NI'MAH sdri
Date Deposited: 23 Oct 2023 04:11
Last Modified: 23 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21979

Actions (login required)

View Item View Item