Analisis Pengaruh Pengetahuan tentang Bank Syariah, Literasi Keuangan Syariah, dan Religiusitas terhadap Minat Menabung di Bank Syariah

Setia, Andini (2023) Analisis Pengaruh Pengetahuan tentang Bank Syariah, Literasi Keuangan Syariah, dan Religiusitas terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Setia Andini (1917202007).pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang beroperasi menggunakan sistem syariah. Menabung di Bank Syariah merupakan salah satu solusi bagi umat Islam yang ingin menjalankan aktivitasnya sesuai dengan yang diajarkan di dalam agama Islam, yang mana tidak menggunakan sistem bunga dalam bertransaksi karena yang ada hanyalah sistem bagi hasil. Minat seseorang dalam menabung itu tergantung dengan motivasi masyarakat itu sendiri. Motivasi merupakan dorongan diri sendiri yang timbul dan mengakibatkan dirinya itu bertindak. Terdapat faktor yang dapat mempengaruhi minat masyarakat menabung di bank syariah, yaitu pendidikan dan pengetahuan. Pengetahuan yang peneliti angkat pada penelitian ini yaitu pengetahuan bank syariah dan literasi keuangan syariah. Selain pengetahuan, religiusitas juga dapat mempengaruhi minat masyarakat dalam menabung di bank syariah. Berdasarkan fokus permasalahan yang akan dikaji peneliti, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel independen, yaitu pengetahuan tentang bank syariah, literasi keuangan syariah, dan religiusitas. Sedangkan untuk variabel dependennya, yaitu minat menabung. Sampel penelitian ini sebanyak 400 responden dengan metode stratified random sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian, analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan melakukan uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas dengan menggunakan IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan tentang bank syariah dan religiusitas secara parsial berpengaruh positif terhadap minat menabung masyarakat Kabupaten Banyumas di bank syariah. Sedangkan literasi keuangan syariah secara parsial tidak berpengaruh positif signifikansi terhadap minat menabung masyarakat Kabupaten Banyumas di bank syariah. Kemudian, pada hasil uji F secara simultan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengetahuan tentang bank syariah, literasi keuangan syariah, dan religiusitas terhadap minat menabung masyarakat Kabupaten Banyumas di bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan tentang Bank Syariah, Literasi Keuangan syariah, Religiusitas, dan Minat Menabung
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Setia Andini sdri
Date Deposited: 18 Oct 2023 03:59
Last Modified: 18 Oct 2023 03:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item View Item