KESADARAN HALAL DAN PERSEPSI SERTIFIKASI HALAL DI KALANGAN PELAKU USAHA MIKRO BIDANG KULINER JAJANAN (STUDI KASUS PEDAGANG JAJANAN DI KECAMATAN PURWOKERTO UTARA)

Heni, Ningrum (2023) KESADARAN HALAL DAN PERSEPSI SERTIFIKASI HALAL DI KALANGAN PELAKU USAHA MIKRO BIDANG KULINER JAJANAN (STUDI KASUS PEDAGANG JAJANAN DI KECAMATAN PURWOKERTO UTARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Heni Mawar Ningrum_Kesadaran Halal dan Persepsi Sertifikasi Halal di Kalangan Pelaku Usaha Mikro Bidang Kuliner Jajanan (Studi Kasus Pedagang Jajanan di Kecamatan Purwokerto Utara).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, bidang kuliner merupakan objek yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang menggunakan kesempatan ini untuk berjualan makanan, baik makanan ringan maupun yang lain seperti jajanan. Jajanan merupakan produk yang sangat dekat dan menyatu dalam kehidupan masyarakat baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan usia lanjut, maka sangat penting untuk memastikan produk-produk jajanan tersebut halal dan dijamin oleh pemerintah melalui sertifikasi halal. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan akan diketahui sejauhmana tingkat kesadaran halal dan bagaimana persepsi pelaku usaha mikro terhadap sertifikasi halal yang tengah gencar dijalankan pemerintah serta faktor-faktor yang mendorongnya. Berdasarkan tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode etnografi yang mana teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis tematik etnografi. Karena dengan pendekatan tematik yang ketat, akan menghasilkan analisis yang mendalam sehingga dapat menjawab pertanyaan tertentu dalam penelitian. Data penelitian diperoleh secara langsung dari sumber datanya melalui instrumen observasi, wawancara maupun dokumentasi kepada 15 pelaku usaha mikro bidang kuliner jajanan di Purwokerto Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesadaran halal dari sisi pengetahuan pelaku usaha mikro bidang kuliner jajanan adalah baik. Meskipun dalam praktiknya kesadaran halal pelaku usaha mikro bidang kuliner jajanan masih rendah. 2) Pelaku usaha mikro bidang kuliner jajanan memberikan persepsi yang baik terhadap sertifikasi halal. 3) Adapun faktor yang berperan dalam mendorong kesadaran halal yaitu adanya edukasi dan sosialisasi dari lembaga terkait, faktor keagamaan, serta adanya pertanyaan konsumen kepada pelaku usaha mengenai status kehalalan produk. Kata Kunci: Kesadaran Halal, Sertifikasi Halal, Pelaku Usaha Mikro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Halal, Sertifikasi Halal, Pelaku Usaha Mikro
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 641 Food and drink
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Heni Mawar Ningrum
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:32
Last Modified: 28 Jul 2023 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item View Item