PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG SISWA DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PELAJAR JURUSAN PERBANKAN SYARIAH SMK ISLAM RANDUDONGKAL, KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH)

Amiroh, Amiroh (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG SISWA DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PELAJAR JURUSAN PERBANKAN SYARIAH SMK ISLAM RANDUDONGKAL, KABUPATEN PEMALANG, JAWA TENGAH). Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amiroh_Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan Pengetahuan Produk Terhadap Minat Menabung Siswa di Bank Syariah (Studi Kasus Pelajar Jurusan Perbankan Syariah SMK Islam Randudongkal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Literasi keuangan adalah kebutuhan dasar semua orang supaya bisa menghindari problem keuangan. Kesalahan dalam memanajemen keuangan bisa menyebabkan kesulitan keuangan (mismanagement). Selain itu pemahaman mengenai pengetahuan produk bank syariah juga sangat penting sekali. Minimnya literasi dan pengetahuan produk keuangan akan semakin besar terjadi pada kalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah dan pengetahuan produk terhadap minat menabung siswa jurusan perbankan syariah SMK Islam Randudongkal 2022/2023 di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X sampai Xll jurusan perbankan syariah SMK Islam Randudongkal 2022/2023. Jumlah sampel sebanyak 134 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan Metode probability sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling. Penelitian ini dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Variabel literasi keuangan syariah secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap minat menabung siswa di bank syariah yang dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (17,458 > 1,656) dan koefisien regresi sebesar 0,000. (2) Variabel pengetahuan produk berpengaruh posistif dan signifikan terhadap minat menabung siswa di bank syariah yang di buktikan dengan t-hitung > t-tabel (19,919 > 1,656) dan koefisien regresi sebesar 0,000. (3) Variabel literasi keuangan syariah dan pengetahuan produk secara simultan berpengaruh terhadap minat menabung siswa di bank syariah yang di buktikan dengan nilai F-hitung sebesar (249,449) > F-tabel (3,07) dan tingkat signifikan sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Syariah, Pengetahuan Produk, Minat Menabung.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Amiroh Amiroh sdri
Date Deposited: 28 Jul 2023 04:05
Last Modified: 28 Jul 2023 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item View Item