AHSAN, AHMAD (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NAHWU KITAB ‘IMRITI PLOSO KELAS 2 MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
AHSAN AHMAD_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN NAHWU KITAB 'IMRITI PLOSO KELAS 2 MADRASAH DINIYYAH PONDOK PESANTREN ATH-THOHIRIYYAH KEDUNGBANTENG BANYUMAS.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak...pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran nahwu bahasa Arab ada banyak kitab yang membahas tentang tata bahasa Arab, Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah merupakan Lembaga Pendidikan non formal yang terdapat Madrasah Diniyyah, salah satu pelajarannya yaitu dalam ilmu nahwu bahasa Arab kitab nahwu ‘imriti ploso. ‘imriti ploso merupakan kitab membahas ilmu nahwu yang ditulis oleh Masyayikh Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri. Asatiz perintis Madrasah Diniyyah Ath-Thohiriyyah adalah alumni Al-Falah Ploso sehingga kitab nahwu yang digunakan dalam pembelajaran merujuk sama pada kitab terbitan Al Falah Ploso Kediri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana hasil penelitian implementasi pembelajaran nahwu kitab ‘imriti ploso kelas 2 Madrasah Ath-Thohiriyyah Banyumas. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun objek penelitian dalam skripsi ini adalah implementasi pembelajaran nahwu kitab‘imriti ploso kelas 2 Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah Kedungbanteng Banyumas. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah Diniyyah, ustadz, dan santri kelas 2. Data diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan analisis data Teknik analisis model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini bahwa dalam pembelajaran nahwu kitab ‘imriti ploso bertujuan untuk memahami ilmu nahwu, media yang digunakan alat tulis spidol dan papan tulis, metode yang digunakan dalam pembelajaran Bandongan, Qowa’id Tarjamah, Musyawarah, Muhafadoh, Sorogan, Mutala’ah, Evaluasi dengan ujian UAS pada semester I dan semester II secara test tertulis dan ujian lisan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, kitab ‘imriti ploso, pembelajaran nahwu bahasa Arab |
Subjects: | 400 Language > 407 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ahsan Ahmad sdr |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21264 |
Actions (login required)
View Item |