PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA

Amelia, Ramadhan (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Amelia Ramadhan_Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan berpikir reflektif kelas VII SMP Negeri 1 Kaligondang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kaligondang. Sampel dari penelitian ini yaitu dari kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VII G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Variabel independen pada penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif two stay two stray dan variabel dependennya pada kemampuan berpikir reflektif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t dan uji N-Gain dengan menggunakan aplikasi softwer SPSS 22. For windowes. Hasil dari penelitian ini menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap kemampuan berpikir reflektif matmeatis pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kaligondang. Hal ini dapat terlihat dari perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata N-Gain kelas Kontrol yaitu 0,63 > 0,26.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Reflektif, Model Two stay Two Stray
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Amelia Ramadhan
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:08
Last Modified: 27 Jul 2023 08:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21153

Actions (login required)

View Item View Item