PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNA DOMPET DIGITAL DANA (STUDI KASUS MAHASISWA UIN. PROF. K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Wafiyatus, Askhiya (2023) PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT PENGGUNA DOMPET DIGITAL DANA (STUDI KASUS MAHASISWA UIN. PROF. K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN. Prof.K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
WAFIYATUS_ASKHIYA_PENGARUH_PERSEPSI_MANFAAT,_PERSEPSI_KEMUDAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini perkembangan teknologi dan komunikasi membawa banyak perubahan salah satunya pada sistem pembayaran. Saat ini, alat pembayaran elektonik menjadi sebuah inovasi pada sistem pembayaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Secara global pengguna internet berkembang dengan cepat dari waktu ke waktu. Artinya perkembangan teknologi sebagai sarana kebutuhan bagi konsumen dalam melakukan pembayaran yang awalnya dilakukan secara tunai kini beralih ke pembayaran nontunai. Dompet digital (E-Wallet) menjadi salah satu bentuk Fintech (Financial Technoogy) yang memanfaatkan media internet dan digunakan sebagai salah satu alternative metode pembayaran. Dompet digital (E-Wallet) hadir dengan menawarkan kemudahan dengan teknologi terkini yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja oleh semua kalangan di penjuru negeri, sebagai alat yang memudahkan dalam melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan kepercayaan terhadap minat pengguna dompet digital DANA pada mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda yang diolah menggunakan program IBM SPSS 25. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability sampling dengan menggunakan metode sampling insidental. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna, persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna, persepsi kemanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna sedangkan kepercayaan tidak pengaruh dan tidak signifikan terhadap minat pengguna. Namun, variabel persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi keamanan dan kepercayaan berpengaruh secara simultan terhadap minat pengguna. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk menambahkan variabel lain seperti promosi, risiko dan literasi keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Keamanan, Kepercayaan, Minat Pengguna
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wafiyatu Wafiyatus Askhiya sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 08:19
Last Modified: 27 Jul 2023 08:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item