STUDI KOMPARASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI KELUARGA GURU DAN PETANI DI MAN 2 WONOSOBO

Jabil, Rahmah (2023) STUDI KOMPARASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI KELUARGA GURU DAN PETANI DI MAN 2 WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Prof .K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Jabil Rahmah_STUDI KOMPARASI PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH ANTARA SISWA YANG BERASAL DARI KELUARGA GURU DAN PETANI DIN MAN 2 WONOSOBO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Motivasi Belajar merupakan suatu dorongan yang timbul dalam diri seseorang yang mampu menimbulkan semangat dan antusias untuk belajar. Sedangkan Hasil Belajar Fiqih merupakan hasil maksimal yang telah dicapai oleh siswa dalam proses belajar pada mata pelajaran fiqih. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar fiqih siswa salah satunya faktor eksternal atau faktor yang berasal dari luar diri seseorang salah satunya pendidikan dan ekonomi orang tua. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqih antara siswa yang orang tuanya guru dan petani di MAN 2 Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling. Dengan pendekatan quota sampling, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang . teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket. sedangkan nalisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji independent sample T-Test dengan bantuan Program SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fiqih antara siswa yang orang tuanya bekerja sebagai guru dan petani di MAN 2 Wonosobo, berdasarkan analisis regresi linier sederhana yang diperoleh persamaan garis regresi Y = 13, 033 + 1, 349 X dengan koefisien determinasi sebesar 0,379. 2). Analisis perbedaan motivasi belajar fiqih antara siswa yang berasal dari keluarga guru dan petani dengan menggunakan uji independent sample T-Test diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. 3). Analisis perbedaan hasil belajar fiqih antara siswa yang berasal dari keluarga guru dan petani dengan menggunakan uji Independent sample T-Test diperoleh 0,028 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Keluarga Guru, Keluarga Petani
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.5 General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jabil Rahmah sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:46
Last Modified: 27 Jul 2023 04:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item