PENGARUH LITERASI DIGITAL, LOCUS OF CONTROL, DAN DUKUNGAN AKADEMIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DIGITAL BAGI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN SAIZU Purwokerto)

Aulia Firda, Urbaningrum (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL, LOCUS OF CONTROL, DAN DUKUNGAN AKADEMIK TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA DIGITAL BAGI MAHASISWA (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI UIN SAIZU Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aulia Firda Urbaningrum_Pengaruh Literasi Digital, Locus Of Control, dan Dukungan Akademik Terhadap Minat Berwirausaha Digital Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN SAIZU Purwokerto).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena baru yang muncul dalam dunia kewirausahaan adalah wirausaha digital. Kewirausahaan digital merupakan konsep pengembangan kewirausahaan tradisional di era industri 4.0. Wirausaha digital adalah kesempatan untuk para generasi muda terutama mahasiswa untuk dapat membuka usaha baru, dengan bantuan teknologi internet yang dapat dikemas semenarik mungkin sehinggap dapat diakses di seluruh dunia. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto yang menjadi objek penelitian ini, karena Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan fakultas yang berpotensi mencetak wirausahawan handal. Adapun beberapa factor yang mempengaruhi minat berwirausaha digital yaitu literasi digital, locus of control, dan dukungan akademik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah literasi digital, locus of control, dan dukungan akademik mempengaruhi minat berwirausaha digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Purposive Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang didasarkan pada kriteria-kriteria tertentu dengan jumlah sampel sebanyak 209 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Literasi digital terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha digital; (2) Locus of control internal terbukti memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha digital; (3) Dukungan akademik memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Locus of Control, Dukungan Akademik, Minat Berwirausaha Digital
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aulia Firda Urbaningrum sdri
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:32
Last Modified: 27 Jul 2023 04:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20994

Actions (login required)

View Item View Item