ANALISIS KESESUAIAN SOAL PENILAIAN FORMATIF TEMA 6 DENGAN BUKU SISWA TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS V DI SD NEGERI 03 BANGSA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

AFIFI RAHMAH, KHAERANI (2023) ANALISIS KESESUAIAN SOAL PENILAIAN FORMATIF TEMA 6 DENGAN BUKU SISWA TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS V DI SD NEGERI 03 BANGSA KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin zuhri.

[img]
Preview
Text
Afifi Rahmah Khaerani_Analisis Kesesuaian Soal Penilaian Formatif Tema 6 Dengan Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V Di SD Negeri 03 Bangsa Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penilaian adalah sebagai alat untuk mengukur kemampuan siswa agar kompetensi yang diharapkan tercapai. Dalam penyusunan soal pastinya tidak lepas dari materi yang telah dipelajari dan sumber belajar siswa yaitu buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian soal penilaian formatif Tema 6 dengan materi yang ada di buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 kelas V Tema 6 Panas dan Perpindahannya di SD Negeri 03 Bangsa, Kebasen, Banyumas. Fokus penelitian adalah kesesuaian materi soal dengan buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013. Jenis penelitian ini penelitian lapangan, dengan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian materi pada Soal PAT Kelas V Tema 6 “Panas dan Perpindahannya” dengan buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 sudah sesuai namun ada beberapa soal yang belum sesuai. Pada soal PAT Kelas V Tema 6 dengan muatan pelajaran PPKn dan IPS sudah sesuai dengan materi yang ada di Buku Siswa Tematik Terpadu. Sedangkan, pada soal IPA no. 3 belum sesuai dengan materi Perpindahan kalor, soal SBdP No. 2 belum sesuai karena dalam soal menanyakan tentang Lagu “Soleram” dimana materi lagu “Soleram” tidak tercantum dalam Buku Siswa, Soal B. Indonesia no. 4 dan 5 juga belum sesuai dengan buku siswa karena dalam soal menanyakan tentang ciri-ciri teks eksplanasi dan langka-langkah menyusun ringkasan sedangkan dalam buku siswa tidak tercantum materi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian soal, Penilaian Formatif, Buku Siswa Kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Afifi Rahmah Khaerani
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:55
Last Modified: 27 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20793

Actions (login required)

View Item View Item