MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MTS AL HIDAYAH NUSAWUNGU CILACAP

Ovita, Sekar Kinasih (2023) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MTS AL HIDAYAH NUSAWUNGU CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi OVITA cek-1-20.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1- penutup Skripsi OVITA cek-21-79.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dapus Skripsi OVITA cek-80-81.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Pendidikan sangatlah dibutuhkan oleh suatu bangsa, dengan pendidikan maka akan terbentuk warga yang berkualitas. Yang akan mampu mengembangkan dirinya sendiri dan bersama-sama membangun bangsa, salah satunya dengan dengan pendidikan formal yaitu Sekolah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal secara sistematis telah merencanakan lingkungan pendidikan yang menyediakan bermacam kesempatan bagi siswanya untuk melakukan berbagai kegiatan belajar, sehingga siswa memperoleh pengalaman pendidikan. Dengan demikian mendorong pertumbuhan serta perkembangan ke arah suatu tujuan yang telah dicita-citakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa MTs Al Hidayah Nusawungu Cilacap. Metode yang peneliti gunakan dalam peneltian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar untuk mendapatkan data secara utuh di lapangan dan dapat mendeskripsikan hasil penelitian secara jelas dan sesuai dengan realita yang ada. Objek pada penelitian ini adalah manajemen mutu pembelajaran Bahasa Arab pada siswa MTs Al Hidayah Nusawungu Cilacap, sedangkan subjek dari penelitian ini adalah Guru mata pelajaran bahasa Arab, Kepala Madrasah dan Wakil Kepala MTs Al Hidayah Nusawungu Cilacap. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data adalah analisis data kualitatif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung sampai tuntas. Langkah-langkah dan tahapan yang dilaksanakan oleh Bapak Mohamad Al hafidz, S. Ag dalam pengembangan mutu pembelajaran, seperti perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (implementation), dan Penilaian (evaluation). Manajemen pembelajaran bertujuan sebagai pengadaan fasilitas untuk bermacam-macam aktivitas belajar peserta didik terhadap lingkungan sosial dan emosional, beserta intelektual didalam kelas. Namun dalam pelaksanaannya guru lebih dominan pada aspek kognitif (pengetahuan) peserta didik saja karena guru berasumsi bahwa tujuan utama kegiatan pembelajaran bahasa Arab ialah pada pemahaman atau pengetahuan peserta didik terhadap materi Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu, Pembelajaran Bahasa Arab dan MTs Al Hidayah Nusawungu Cilacap.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ovita Sekar Kinasih sdri
Date Deposited: 24 Jul 2023 07:45
Last Modified: 24 Jul 2023 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20595

Actions (login required)

View Item View Item