PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT DI KELAS 5 MI MA'ARIF NU BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Fadlil Khusaini Ali, Ali (2023) PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT DI KELAS 5 MI MA'ARIF NU BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fadlil Khusaini Ali_Penerapan Media Gambar Dalam Pembelajaran Mufrodat di Kelas 5 MI Ma'arif NU Beji Kabupaten Banyumas-1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT DI KELAS 5 MI MA’ARIF NU BEJI KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS FADLIL KHUSAINI ALI NIM 1917403036 Abstrak: Mata pellajaran bahasa arab melrulpakan sulatul mata pellajaran yang diarahkan ulntulk melndorong, melmbimbing, melngelmbangkan selrta melnulmbulhkan sikap positif telrhadap bahasa arab. Pelmbellajaran bahasa arab sangat pelnting dalam melmbantul melmahami sulmbelr ajaran islam, yaitul Al-Qulr’an dan Hadits, selrta kitab-kitab belrbahasa arab yang belrkelnan delngan islam bagi pelselrta didik. Mata pellajaran bahasa arab di pelrsiapkan madrasah ulntulk pelncapaian kompeltelnsi dasar belrbahasa, yang melncakulp elmpat keltelrampilan yaitul melnyimak, belrbicara, melmbaca dan melnullis. Diliat dari uljian kelmampulan siswa dalam belrbahasa arab sangat kulrang. Olelh karelna itul, pelnelliti telrtarik melngambil juldull “Pelnelrapan Meldia Gambar Dalam Pelmbellajaran Mulfrodat. Selkolah yang pelnelliti pilih ulntulk pelnellitian adalah MI Ma’arif NUl Belji Keldulngbantelng Kabulpateln Banyulmas. Tuljulan pelnellitian ini adalah melndelskripsikan telntang bagaimana pelrkelmbangan siswa-siswi MI Ma’arif NUl Belji Kedungbanteng dalam pelmbellajaran mulfrodat delngan melnggulnakan meldia gambar dan julga bagaimana gulrul melnelrapkan pelmbellajaran mulfrodat delngan meldia gambar, baik dari selgi lingulistik maulpuln non lingulistik. Masalah bellajar bahasa arab adalah masalah ulnsulr telrtelntul dari prosels pelnghambatan bellajar bahasa arab, masalah bellajar bahasa arab telrdiri dari : problelmatika lingulistik yaitul problelmatika foneltik ataul tata bulnyi, kosa kata, tullisan, morfologi, sintaksis, dan selmatik. Dan problelmatika non lingulistik, diantaranya dari ulnsulr gulrul ataul pelndidik, pelselrta didik, matelri ajar dan meldia ataul sarana prasarana, selrta sosiokulltullar yang belrbelda antara Indonelsia dan Arab, telntulnya melmpulnyai kondisi sosial yang belrbelda yang akan melnjadi problelm dalam pelmbellajaran bahasa arab. Pelrhatian dulnia pada bellajar bahasa arab suldah mullai seljak abad kel-17 dan pada tahuln 1947 di Inggris dan belrkelmbang pelsat di dulnia ulntulk Indonelsia saat ini. Belrdasarkan pelnjellasan diatas, pelneliti melngeltahuli bagaimana cara gulrul melnelrapkan pelmbellajaran mufrodat delngan melnggulnakan meldia gambar telrhadap siswa kellas 5 di MI Ma’arif NUl Belji. Olelh karelna itul, pelnelliti belrharap agar gulrul , orangtula dan masyarakat sellalul melmbelrikan motivasi kelpada siswa agar siswa melmpulnyai minat yang tinggi dalam pelmbellajaran bahasa arab. Delngan adanya minat yang tinggi siswa akan telrmotivasi telrhadap selsulatul yang ingin dicapai. Kata Kunci: Pelnelrapan, Meldia Gambar, Pelmbellajaran Mulfrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Media gambar, pembelajaran mufrodat
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadlil Khusaini Ali sdr
Date Deposited: 25 Jul 2023 08:07
Last Modified: 25 Jul 2023 08:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20593

Actions (login required)

View Item View Item