UMI, LATIFAH (2023) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAPRESILIENSI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KARANGREJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (365kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang disegani oleh sebagian siswa di berbagai tingkatan pendidikan salah satunya pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka menganggap matematika itu pelajaran yang sulit, kurang menarik, dan terlalu banyak rumus-rumus rumit yang kurang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak jarang siswa malas dalam belajar matematika dan menghindar mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Untuk mengatasi rasa malas dan enggan mengerjakan tugas diperlukan sikap tekun dan tangguh yang termuat dalam resiliensi matematis. Resiliensi matematis atau ketahanan matematis merupakan sikap tekun dan gigih menghadapi kesulitan, kemauan untuk bekerja sama atau kolaborasi, serta menguasai teori dalam pelajaran matematika. Siswa dengan resiliensi matematik yang kuat memiliki sikap adaptif atau dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan; dapat menghadapi tantangan, ketidakpastian, dan masalah; mencari solusi kreatif terhadap tantangan; memiliki kemampuan mengontrol diri; menyelesaikan masalah secara logis dan fleksibel; mudah memberi bantuan dan memiliki jaringan sosial yang kuat; dan bersifat ingin tahu dan belajar dari pengalaman. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap resiliensi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangreja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian survey. Teknik angket digunakan unruk mengumpulkan data tentang gaya mengajar guru dan resiliensi matematis siswa. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh gaya mengajar guru terhadap resiliensi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karangreja. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 37% artinya kontribusi gaya mengajar guru terhadap resiliensi matematis siswa sebesar 37%. Sedangkan 63% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kuci: Gaya Mengajar Guru, Resiliensi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Mengajar Guru, Resiliensi Matematis Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Umi Latifah |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:05 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:05 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20525 |
Actions (login required)
View Item |