IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PADA KOMUNITAS PONDOK PENA DI PESANTREN MAHASISWA (PESMA) AN NAJAH PURWOKERTO

DIAN, NUR FATIHAH (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PADA KOMUNITAS PONDOK PENA DI PESANTREN MAHASISWA (PESMA) AN NAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIAN NUR FATIHAH_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PADA KOMUNITAS PONDOK PENA DI PESANTREN MAHASISWA (PESMA) AN NAJAH PURWOKERTO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tradisi membaca dan menulis sekarang ini sudah tenggelam dan terseret arus kemajuan zaman. Kebijakan program literasi yang sudah dilakukan dari berbagai kalangan baik akademis maupun non akademis sudah dilakukan namun belum memberikan dampak yang nyata. Pesma An Najah Purwokerto merupakan sebuah lembaga non formal yang memiliki kebijakan dalam budaya literasi di dalam pesantren, dengan diwadahi melalui sebuah komunitas yang diberi nama Komunitas Pondok Pena. Kebijakan pengasuh pondok yang sangat menekankan santrinya untuk gemar membaca dan menulis sehingga santri-santrinya memiliki greget untuk membaca dan menulis. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Implementasi Kebijakan Pada Komunitas Pondok Pena di Pesantren Mahasiswa (Pesma) An Najah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskirptif. Objek penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan Pada Komunitas Pondok Pena di Pesantren Mahasiswa (Pesma) An Najah Purwokerto. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam melakukan analisis data, penulis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan pada Komunitas Pondok Pena di Pesma An Najah Purwokerto tersebut diberikan melalui pembuatan visi, misi, dan tujuan serta pembuatan program kegiatan yang diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di Komunitas Pondok Pena melalui kegiatan organisasi mahasiswa (OSMA) yang ada di Pesma An Najah Purwokerto. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa Implementasi Kebijakan Pada Komunitas Pondok Pena di Pesantren Mahasiswa (Pesma) An Najah Purwokerto sudah terlaksana dibuktikan dengan karya-karya yang telah dihasilkan di Komunitas Pondok Pena sesuai dengan target yang sudah direncanakan. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Pesantren Mahasiswa (Pesma) An Najah Purwokerto, Komunitas Pondok Pena.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pesantren Mahasiswa (Pesma) An Najah Purwokerto, Komunitas Pondok Pena.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dian nur Fatihah sdri
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:03
Last Modified: 25 Jul 2023 07:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20487

Actions (login required)

View Item View Item