TENAGA KERJA WANITA (TKW) LUAR NEGERI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI DESA GUMELAR KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS)

Umi, Bariyah (2023) TENAGA KERJA WANITA (TKW) LUAR NEGERI DAN DAMPAKNYA TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI DESA GUMELAR KECAMATAN GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Umi Bariyah_Tenaga Kerja Wanita (TKW) Luar Negeri dan Dampaknya Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Desa Gumelar Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan terjadi di seluruh negeri, terutama di pedesaan. Untuk mengatasi kemiskinan tersebut, menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) luar negeri merupakan alternatif yang diambil masyarakat Desa Gumelar Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang baik, sulitnya mencari pekerjaan di daerah tempat tinggal, serta gaji yang kurang memenuhi kebutuhan keluarga. Alasan mereka bekerja di sana karena gaji yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan gaji di Indonesia, serta pekerjaan yang di tawarkan juga berhubungan dengan pekerjaan rumah tangga, sehingga TKW Desa Gumelar semakin yakin untuk mengambil keputusan bekerja di luar negeri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penulisan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode observasi dengan mendatangi langsung tempat tinggal TKW dan keluarganya untuk mengamati kehidupan mereka secara langsung. Metode kedua yaitu wawancara dengan kepala desa setempat, TKW luar negeri beserta keluarganya. Dan metode yang ketiga yaitu dokumentasi dengan mengumpulkan bukti-bukti dari data yang telah di kumpulkan. Selanjutnya semua data penelitian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh TKW Desa Gumelar yang memilih bekerja di luar negeri memberikan dampak positif maupun negatif bagi keluarga dari segi sosial ekonomi. Dampak positif yang ditimbulkan yaitu meningkatnya kesejahteraan keluarga, sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan yaitu kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua terutama ibu terhadap anaknya, problem dalam hubungan suami istri karena terhalang jarak dan waktu yang sangat terbatas untuk berkomunikasi, dan problem benturan budaya dan keyakinan dengan majikan. Dalam perspektif Islam, TKW Desa Gumelar yang bekerja di luar negeri masih bisa dibenarkan menurut dasar pandangan bahwa dalam Islam seorang perempuan (istri) boleh saja bekerja keluar rumah sepanjang sudah mendapatkan izin dari suaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TKW Luar Negeri, Sosial Ekonomi Keluarga, Ekonomi Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umi Bariyah
Date Deposited: 25 Jul 2023 03:26
Last Modified: 25 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20429

Actions (login required)

View Item View Item