PENGORGANISASIAN LEMBAGA TOUR & TRAVEL DALAM MENJAGA KUALITAS LAYANAN DI BIRO AL MA’WA NU CILACAP

Leli, Kurniatin (2023) PENGORGANISASIAN LEMBAGA TOUR & TRAVEL DALAM MENJAGA KUALITAS LAYANAN DI BIRO AL MA’WA NU CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Leli Kurniatin_Pengorganisasian Lembaga Tour & Travel Dalam Menjaga Kualitas Layanan di biro Al Ma'wa NU Cilacap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pelaksanaan haji dengan masa tunggu yang lama, menjadikan masyarakat Indonesia memilih alternatif lain untuk beribadah ke Mekkah yaitu umrah. Pemberangkatan umrah dilaksanakan oleh biro perjalanan umrah, yang di dalamnya memiliki suatu pengorganisasian. Pengorganisasian merupakan hal sangat penting dalam mengelola sebuah lembaga atau perusahaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pengorganisasian lembaga tour & travel dalam menjaga kualitas layanan di biro Al Ma’wa Cilacap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengorganisasian lembaga tour & travel dalam menjaga kualitas layanan di biro Al Ma’wa NU Cilacap. Untuk mencapai tujuan itu penelitian ini menggunakan metode penelitian yang meliputi jenis penelitian adalah lapangan atau field research. Dengan sumber data berupa data primer dan sekunder. Perolehan data dalam penelitian ini melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Untuk mendapatkan validitas, penelitian ini menggunakan teknik validitas data triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu pengorganisasin di Al Ma’wa NU Cilacap meliputi: 1) Spesialisasi kerja berdasarkan skill atau keahlian setiap karyawan. 2) Departementalisasi meliputi staf marketing yaitu marketing komunikasi/IT dan marketing, staf administrasi yaitu tiketing dan administrasi. 3) Rantai Komando yaitu setiap karyawan mendapatkan tugas dan bertanggung jawab kepada direksi, dilaporkan kepada komisaris, PCNU, kemenag yang dilakukan dua minggu sekali dan mengadakan rapat satu bulan sekali. 4) Rentang Pengawasan yaitu melaksanakan pertemuan oleh komisaris dan direksi, rapat tiga bulan sekali yang membahas evaluasi perusahaan. 5) Al Ma’wa menerapkan prinsip sentralisasi yaitu setiap keputusan diambil oleh pimpinan atau direktur utama. 6) Formalisasi berupa berkas administrasi, keuangan, paspor, foto dan video. Proses pengorganisasian di Al Ma’wa NU Cilacap sudah terlaksana dengan baik, tetapi ditemukan kekurangan pada prinsip spesialisasi kerja yaitu adanya karyawan yang hanya menempuh pendidikan sampai SMA/MA/Sederajat yang tidak sesuai dengan jurusan atau keahliannya. Kata Kunci: Pengorganisasian, Lembaga, Kualitas Layanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengorganisasian, Lembaga, Kualitas Layanan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: leli Kurniatin sdri
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:33
Last Modified: 14 Jul 2023 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20164

Actions (login required)

View Item View Item