تطبيق المنهج الدراسى ۲۰۱۳ في تعليم اللغة العربية بمدرسة محمدية المتوسطة الإسلامية ۹ فنجادغان بوربالينجا

Defiyana Syahwal, ANISA (2023) تطبيق المنهج الدراسى ۲۰۱۳ في تعليم اللغة العربية بمدرسة محمدية المتوسطة الإسلامية ۹ فنجادغان بوربالينجا. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI)
DEFIYANA SYAHWAL ANISA_تطبيق المنهج الدراسى ۲۰۱۳ في تعليم اللغة العربية بمدرسة محمدية المتوسطة الإسلامية ۹ فنجادغان بوربالينجا.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaiama Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan, serta apa saja factor yang mempengaruhi implemetasi kurikulum tersebut. Penelitian ini dapat menjadi tolak ukur dalam mengembangkan kurikulum 2013 khususnya pada mata pelajaran Bahasa arab serta meningkatkan hasil proses kegiatan belajar mengajar Bahasa arab. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan sebagai objek. Adapun Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini ialah guru Bahasa arab dan peserta didik MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model mille dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam prencanaan guru menyiapkan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran setiap sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Dalam kegiatan belajar mengajar sudah sesuai dengan panduan impelemntasi kurikulum 2013 yaitu dengan pendekatan ilmiah (Saintific Approach) yang meliputi mengamati,menanya, eksperimen, asosisasi, dan komunikasi. Sedangkan dalam kegiatan belajar mengajar menyentuh tiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam proses evaluasi guru menggunakan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sering disebut dengan penilaian autentik (Aunthentic Assesment). Adapun factor-faktor yang mempengaruhi dalam Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan terdiri atas, factor guru, factor peserta didik, dan factor sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Arab, MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan. Kata Kunci : Implementasi kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Arab, MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan. Kata Kunci : Implementasi kurikulum 2013, Pembelajaran Bahasa Arab, MTs Muhammadiyah 09 Pengadegan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.389 Kurikulum
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Defiyana Syahwal Anisa sdri
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:29
Last Modified: 13 Jul 2023 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20154

Actions (login required)

View Item View Item