MANAJEMEN PROGRAM OUTDOOR STUDY DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO

Shilpa, Azzahra (2023) MANAJEMEN PROGRAM OUTDOOR STUDY DI SD AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH 01 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shilpa Fadhilah Azzahra_Manjemen Program Outdoor Study di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan alat bantu bagi siswa dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Belajar bukan hanya tentang mata pelajaran, tetapi dalam belajar harus adanya penguasaan, kompetensi, kesenangan, keterampilan dan pengamatan. Pada pencapaian kompetensi tersebut, guru hendaknya memilih metode pembelajaran yang lebih menarik yaitu melalui pembelajaran di luar kelas atau outdoor study. Metode outdoor study guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program outdoor study, yang mana menjadi program unggulan sekolah dan rutin dilaksanakan satu semester sekali untuk setiap level. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menarasikan mengenai manajemen program outdoor study di SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto, yang meliputi 4 fungsi manajemen yaitu: planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (penggerakan), dan controlling (pengawasan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajeimein program outdoor study teirdiri dari beibeirapa aspeik, yaitu Peireincanaan meilibatkan peineitapan tujuan, peimilihan lokasi, seirta peireincanaan anggaran dan peimbeintukan struktur keipanitian. Peingorganisasian meincakup peineintuan tugas dan tanggung jawab, seirta koordinasi antara pihak yang teirlibat dalam program. Peinggeirakan meilibatkan keigiatan yang teirkait deingan peirsiapan dan peilaksanaan. Peingawasan meilibatkan peimantauan, dan eivaluasi teirhadap peilaksanaan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Outdoor Study, SD Al Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
700 The arts > 707 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shilpa Fadhilah Azzahra
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:16
Last Modified: 11 Jul 2023 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/20094

Actions (login required)

View Item View Item